Sebenarnya gue adalah penulis amatiran. Gue baru belajar nulis. Gue masih awam dari dunia penulisan. Gue masih butuh banyak belajar. Maka ...

Belajar Menulis Belajar Menulis

Belajar Menulis

Belajar Menulis

Sebenarnya gue adalah penulis amatiran. Gue baru belajar nulis. Gue masih awam dari dunia penulisan. Gue masih butuh banyak belajar. Maka dari itu, gue berinisiatif untuk belajar, salah satunya masuk komunitas. Dengan bekal dunia Internet yang luas ini, gue pun mulai mencari komunitas-komunitas yang menurut gue cocok untuk gue pribadi.

Setelah di redirect ke website komunitas-komunitas keren. Gue pun dapat angin untuk gabung ke salah satu komunitas. Pilihan jatuh kepada komunitas Blogger Energy. Sebelumnya, emang gue udah tau komunitas ini dari teman seperblog-an. Dengan niat yang yang menyala-nyala, gue membaca aturan di komunitas ini. Ternyata ada banyak aturan di komunitas ini, hal itu ngga menurunkan niat gue untuk gabung.

Setelah itu, gue lalu membaca syarat buat gabung, gue pun menjalani proses demi proses untuk gabung, mulai dari klik join, nulis postingan, ngisi form, dan lain-lain. Setelah memenuhi syarat, gue pun menunggu, cukup lama gue nunggu, sekitar 1 bulanan lah.

Gue seneng banget setelah di approve, yah walopun gue harus edit ulang postingan dan konfirmasi ke bang edotz.

Besoknya, gue udah siap untuk BW (BlogWalking). Gue pun promo dan mengomentari postingan-postingan member yang promo. Gue seneng, komen post gue ngga pernah sebanyak ini. BE emang mujarab menaikan visitor.

Dibalik komen-komen yang ada, gue mendapati komentar yang kayak gini:
Liat yang gue tandai..

Komen itu nampar banget. Gue jadi tau, bahwa apa yang gue tulis belum tersampaikan dengan baik. Gue belum bisa membuat pembaca jadi ikut merasakan apa yang gue rasakan. Inilah salah satu alasan gue untuk gabung BE. Gue pengen banyak belajar. Sehari jadi member aja udah dapat pelajaran, apalagi kalo udah lama. Di balik pedesnya komentar itu, gue pun merenung, dan mulai bangkit kembali. Mulai belajar dari kesalahan.

Mungkin apa yang gue tulis sekarang masih jauh dari kata sempurna, tapi gue akan lebih giat belajar. Mungkin nanti saat tulisan gue udah bagus, akan ada lagi yang harus gue perbaiki, itulah gunanya pendapat. Membangun kita agar lebih baik. Semakin pedes pendapat seseorang, makan semakin kuat juga motivasi yang terkandung didalamnya. Tergantung dari sisinya juga sih, kalo negatif yah ngga usah ditanggepin.

Gue banyak berterima kasih kepada semua yang telah mendukung gue untuk tetap menulis sampai saat ini. Biarkan yang lalu-lalu menjadi sebuah pembelajaran. Yap, gue akan mulai belajar. Belajar Menulis .


Thanks Blogger Energy
Photobucket

47 comments:

  1. Salam kenal ya Syarif... Semoga terus belajar dan tetap semangat!! hehehe... Saya juga masih belajar nih, meskipun suka nulis udah lama, karena belajar itu gak ada habisnya. Tapi saya juga kadang suka males nulis, apalagi kalo ga ada jaringan internet, so, masalahnya dimana ya? kayaknya gak ada korelasi antara menulis dan internet... wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Erny~

      Hehe. Sama-sama belajar. Iya, internet salah satu penghambat kita untuk menulis, terus hubungan menulis sama internet itu apa yah..

      Delete
    2. Nggak ada hubungannya sama sekali sih sebenernya, hahaha....

      Delete
  2. Ciee anak BE,salam kenal ya bro...
    Gw jg bisa dibilang masih awam dalam dunia kepenulisan,dan masih butuh banyak belajar.kalau mau belajar,yah salah satunya join komunitas..walaupun kadang komennya pedes-pedes tapi intinya komennya membangunlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya salam kenal juga Fadhil~
      Iya, semangat juda perlu tuh, apalagi mood, penulis hebat bisa menulis melawan mood, nah kita?

      Delete
  3. yah, dalam menulis emang banyak kesulitannya kok jadi gk cuma asal tulis doang.

    yang penting sih kamu harus terus nulis jangan berenti gara-gara satu kritikan pedas. semakin lama kamu nulis pasti makin pengalamankok dan makin bagus jadi tanpa kamu jelasin ini dan itu pasti semua yang ingin kamu sampaikan bisa tertuang dan mudah dimengerti dengan jelas oleh pembaca

    ReplyDelete
  4. gue juga baru belajar... otodidak..
    ya emang sebenarnya komen kayak gitu pedas, di satu sisi komen bro aldi itu bikin ngedown, tapi di satu sisi lagi komen itu tamparannya sangat memotivasi buat maju. kritik seperti itu memang perlu! semangat bro... mari sama2 belajar menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, otodidak via internet atau buku ?

      Pertamanya sih ngedown, tapi lgsg jadi motivasi gitu..

      Yukkk~

      Delete
  5. Wah kita sama2 belajar nulis kalo gitu bro, *tos dulu dah...
    Memang penting kalau tulisan kita itu maknanya tersampaikan kepada pembaca, oleh karena itu kita harus banyak belajar kepada yang udah ahli... mereka itu dibilang "ahli" karena mereka sudah melakukan itu berulang kali dan tentunya "FOKUS" pada tujuannya untuk menjadi seorang ahli. Nah, untuk menjadi seorang yang ahli menulis... kita juga harus fokus dan semangat untuk menjadi seorang penulis yang handal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk *tos*

      Iya, betul banget bro, selagi fokus kita harus banyak2 sabar biar kita ditanggepin..

      Delete
    2. hehe... setuju, segala sesuatunya itu memang harus dihadapi dengan kesabaran dan juga ketekunan... kadang kita tidak sabar dan tekun dalam menghadapi sesuatu...

      Delete
  6. Itu namanya gak disensor dulu? Biar ngehormatin privasi orangnya.

    Dulu awal-awal gabung BE minder sih, soalnya tulisan mereka bagus-bagus dan tulisanku masih acak-acakan (sampai sekarang juga begitu) tapi gabung di BE bisa membuat kita belajar untuk bisa nulis lebih bagus lagi lewat membaca tulisan blog yang lain. Semangat ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga, kan ngga merusak nama baik orang itu, justru si Aldi ini memberi gue pelajaran, ditunggu pelajaran berikutnya~

      Delete
    2. O.. gitu ya terserah sih. Semoga bisa lebih baik lagi tulisannya :)

      Delete
  7. Kalau urusan belajar menulis, saya jg masih belajar bro. Tetep lanjutkan menulis bro, lama-lama pasti bisa jago nulis :D

    Dan jgn lupa buat rajin baca terutama buku, di situ nanti bakal nambah kosakata bagus dan bisa belajar gaya bahasa baru. Hehe belajar sudut pandang nantinya..

    Semangat bro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, malah tambah semangat. Hehe.

      Iya, buku gue dirumah juga udah lumayan~

      Delete
  8. Bro, kalem aja. Kita semua gitu kok dulu, pasti ada proses dulu baru kita bisa nulis yang kece. Pokoknya rajin-rajin nulis aja + baca-baca referensi, nanti kan jago nya keluar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heh, iya bro. Semua yang indah kan emang butuh proses. Gue juga bisa kok menghargai proses~

      Delete
  9. Ayo bro semangat. aku juga sama kayak kamu, masih sama sama belajar nulis biar lebih baik lagi. :)

    ReplyDelete
  10. Iyaaa..dengan ikutan grup gitu kita juga semakin terinspirasi dan semangat nulis juga. Good effort!! Semoga ke depannya bisa makinnambah pengetahuan ulis dan bisa nulis makin rajin dan menarik nyaaaakkk

    ReplyDelete
  11. gue juga sama bro, lagi belajar menulis. tp emang kita engga akan pernah berhenti sih kalo masalah belajar supaya bisa jago nulis gitu. Pokoknya semangat buat lu! asiik

    ReplyDelete
  12. Wah sama, saya juga baru belajar menulis, walaupun harus memakan waktu yang lama untuk menulis satu cerita tapi yang penting sudah usaha...
    Komentar kritikan yang seperti itu bisa kita jadikan pembelajaran untuk tulisan kita, dengan banyaknya kritik dan saran dalam kolom komentar maka semakin banyak pembelajaran yang bisa kita dapatkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, biasanya lama banget malah..

      Betul banget tuh~

      Delete
  13. Tulisan yang bagus itu dulunya dari tulisan-tulisan jelek yang diedit. Itu kata para penulis hebat :D

    Sama juga, aku juga masih belajar, butuh kritikan yang membangun, butuh saran. Pokoknya butuh sesuatu yang membuat kita maju. Mari terus belajar :D

    ReplyDelete
  14. Ga cuma lu sih, gua sering baca postingan orang yg isinya setengah curhat setengah cerpen gitu dan kadang karena pemakaian kata-kata dan alurnya tidak jelas, gua juga jadi bingung. Jadi intinya ni orang mau ngomong apa sih?

    Setiap orang punya cara berbicara sendiri, dan pada saat dituangkan dalam bentuk tulisan, kadang tidak semua orang bisa memahami maksud lu dengan mudah. Ya intinya banyak-banyaklah menulis, banyak-banyaklah membaca, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, gue lagi belajar agar tulisan gue bisa tersampaikan dengan baik~

      Delete
  15. Belajar menulis. Ya, kalo emang mau belajar mari sama2 belajar di BE dan di manapun dirimu berada.

    Gue sendiri, kalo belajar nis itu, biasanya dengan memulainya dengan membaca. Kadang ide suka seliweran pas ngebaca sesuatu. Makanya, penulis yang hebat, biasanya selalu menjadi pembaca yang hebat pula.

    Selamat belajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang Her.

      Gue juga pembaca rakus, tapi kalo bacaan itu menarik sih..

      Delete
    2. Ini postingan lama toh.. Udah lupa gue.. hahaha, baru dua bulan padahal. Ya namanya menulis harus belajar dari kata tulislah, edit, baca lagi, edit lagi. Baru kalo di blog, publish. Sebenarnya, kalo lo mau nulis sesuatu, sebaiknya pikirkan bagian-bagain utama dari apa yang mau lo sampaikan, udah itu baru deh. tambahin paragraf pendukung, seperti deskripsi dan sebagainya. Oke.

      Delete
  16. bener dah udah kalau gabung ke BLOGGGER ENERGY insaallah lo bakal bisa makin keren nulisnya, asal rajin baca ajah hehehehe

    di blogger energy juga banyak kok yang masih belajar, termasuk gue. artnya kita sama2 belajar, bisa saling sharing :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya, betul banget Tofik.

      Iya, yuk sama-sama belajar~

      Delete
  17. hahahha.. mungkin ai aldi rahman itu mbca postingan lu dan nggak ngerasain serunya...
    anak2 BE mah klo komen suka gitu.. kadang post kita suka di kritik dan saran..

    tp kan jd bagus toh.. jd memotivasi kit utk nulis lebih baik lagi...

    tu yg gw salut dan bikin betah di BE. kadang ada yg komen postingan panjang bgt... sampe di komentari banyak gitu siapa yg gak seneng cobaa...

    semangat terus yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi sekarang gue jadi lebih tahu bahwa tulisan gue belum tersampaikan dengan baik.

      Betul banget Ris.

      Hehehe, sama, apalagi itu.

      Iya, kamu juga yaaa..

      Delete
  18. wkwkw, itu komentar gua. Menulis memang tidak mudah, untuk menyampaikan pesan kepada pembaca dibutuhkan perjuangan. Intinya, belajar menulis itu butuh ketekunan dan konsistensi semangat pantang menyerah. Saran dan kritik bukan sebagai penghalang, tetapi sebagai batu loncatan untuk mencapai kemajuan yang tidak disangka-sangka :)

    ReplyDelete
  19. gue juga gitu maksud dari tulisan gue kurang tersampaikan kepada pembaca blog gue..
    mungkin kudu ditingkatin dan memperbanyak menulis kali yaa.. biar tulisannya jadi interaktif dan tersampaikan ke pembaca.

    ReplyDelete
  20. Jadi inget waktu pertama kali nulis di blog sendiri. Asli garing banget. Sekarang masih garing.. Tapi gak segaring dulu :v

    Sial disini gambarnya crash -_-

    Saran: sering-sering baca. Saya juga gitu. Buat nambah ilmu, kan, lumayan.

    ReplyDelete
  21. gue juga sering tuh dapet komentar yang nggak enakin gitu. waktu dulu sekarang mah tetep hahahaha

    terus belajar adalah hal yang luar biasa yang sedang lo lakukan rip. semoga kita bisa sama2 belajar di BE ini..

    ReplyDelete
  22. Kalau untuk belajar menulis, yang pasti semangat dan dipupuk terus niatnya. nukan di-puk-puk loh, ya. hahahahaha.
    Pokoknya tulis terus, nanti lama-lama kualitas tulisan juga makin keren. Kalau kata orang jawa bilang, "Witing tresno jalaran soko kulino." artinya, cinta ada karena terbiasa. Nah, biasakan aja terus nulis, nanti juga makin dapet kesenengan dan kualitasnya. Semangaaatt!!!

    ReplyDelete
  23. dulu pernah mau join
    udah bikin draft tulisan eh ketumpuk ma tulisan baru
    gak jadi masuk deh heuheu
    bener itu sebenernya yg bikin semangat
    esmki pedess

    ReplyDelete
  24. Wah baru tau ada komunitas blogger namanya Blogger Energy. Itu di FB ya mas?

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..