Nov 12, 2017

Elemen Film Dalam Mempengaruhi Kehidupan Sehari-hari

Elemen Film Dalam Mempengaruhi Kehidupan Sehari-hari

Semua orang pasti pernah nonton satu atau beberapa film yang membuat mereka menyama-nyamakan dengan karakter atau sesuatu dalam film tersebut. Sebagai contoh, gue senang banget dengan The Walking Dead, setelah menonton itu, disetiap saat, gue ala-ala parno melihat sekeliling untuk mengecek apakah ada Zombie disekitar sini.

Jadi, dalam rangka mengingat kembali elemen film apa saja yang merubah kehidupan sehari-hari gue, postingan ini akan menjabarkan beberapa yang bisa gue ingat.

Rudy Habibie

Nonton Habibie Ainun tidak terlalu membuat gue tertarik sampai akan mengikuti berbagai elemen dalam filmnya. Namun, dalam film Rudy Habibie, penggambaran Habibie saat masih mudah, semanagat yang menggebu-gebu dan cara bicara yang khas, membuat gue jatuh cinta sama karakter Habibie.


Pengaruh:

Di beberapa peristiwa, gue sering menirukan suara dan dialog. Gue senang dengan sifat Habibie yang idealis dan berpegang teguh pada pendiriannya. Dialog seperti,"Tidak.," jeda sedikit, lalu di lanjut,"Masalah. Seminar pembangunan akan tetap berjalan, tanpa bantuan dana," lalu di pertegas dengan permaianan tangan,"Sepeserpun." Itu gila sih. Banyak orang mungkin membenci Reza Rahadian karena terlalu banyak memerankan tokoh biopik. Menurut gue, produser percaya sama dia, sutradara juga, yah selagi dia sanggup, kenapa ngga.

Indiana Jones

Gue adalah orang yang gampang suka sama sesuatu. Contohnya, waktu itu gue ikut lomba poster tentang sejarah. Lalu dalam lomba itu, kita diwajibkan untuk berkemah dan menerima beberapa materi. Gue ngga tahu kalau bagian sejarahnya itu adalah Arkeologi. Gue cuma tahu, gue ikut lomba. Selebihnya, gue serahin ke yang lain dan guru pendamping.

Nah, dalam satu materi awal, membuat gue tertarik dengan dunia Arkeologi. Pemateri menggambarkan materi dalam beberapa film, seperti Indiana Jones dan Tomb Raider. Gue yang udah nonton Tomb Raider merasa penting dalam penyampaian materi ini. Rasanya, materi ini gue banget, soalnya dikaitkan sama film semua. Pulang dirumah, gue tertarik sama salah satu film yang lain, Indiana Jones. Lalu, gue baru tahu, kalau sutradara Indiana Jones itu Steven Spielberg. Ngga pikir panjang, gue marathon ngabisin 4 seri filmnya. Dan dengar kabar, seri kelima, akan rilis 2020. Can't wait..

Pengaruh:

Nonton Tomb Raider, gue ngga terlalu tertarik untuk tahu dunia Arkelogi. Entah karena pemeran utama cewek, meskipun cantik, Angelina Jolie. Di Indiana Jones, gue menemukan sesuatu dalam diri gue, seperti merasa diri gue adalah bagian dalam dunia Arkeologi. Lalu, gue flashback pas gue berkemah, gue menjelah di hutan mencari bekas peninggalan pas perang dunia ke 2. Gara-gara nonton Indiana Jones juga, gue jadi ngebet ingin beli buku masalah Arkeologi. Indiana Jones membuka sisi lain dalam diri gue.

Hulk

Dari kecil, gue senang banget sama karakter Hulk. Entah karena gue sering disebut, nama gue mirip dengan Hulk, Rahulk. Tapi, diluar dari itu, gue memang suka. Karakter yang kalau marah berubah jadi ijo, lalu mengamuk tidak jelas. Berasa keren banget waktu itu. Dengan sedikit geraman, gue sudah bisa jadi hulk.

Pengaruh:

Jadi, pengaruhnya ini berlaku ketika gue masih kecil. Di setiap gue dimarahin atau omelin, gue akan masuk ke kamar, marah-marah, hambur bantal, berusaha menjadi Hulk. Dengan sedikit teriakan yang tidak mungkin terdengar orang luar, gue sudah merasa menjadi Hulk. Setelah besar, gue jadi geli, sikap gue ngga lebih dari cewek alay yang diputusin.

Taken

Film Taken adalah film yang gue tonton sejak kecil, tapi baru gue nonton ulang dan nyelesain semua serinya pas besar. Jadi, gara-gara film itu, gue jadi nge-fans berat sama Liam Neeson. Ngga tahu kenapa, suara Liam Neeson itu khas banget. Suara berat dengan genre thriller itu adalah perpaduan yang goks banget.

Pengaruh:

Gara-gara Taken, gue jadi sering menirukan dialog dengan mengikuti gaya berbicara Liam Neeson. Salah satu contohnya, pada saat Liam Neeson berbicara pada si penculik di sebuah telepon. Scene itu juga gue masukin di film pendek gue, Sandera, saking ngefans-nya.

Rocky

Menonton film klasik bagus adalah salah satu kebiasaan gue. Biasanya, gue mencari film yang seenggaknya masuk nominasi Oscar. Rocky adalah bukan salah satunya. Jadi, gue tahu Rocky karena bapak gue. Bapak gue adalah orang yang suka nonton film, apalagi action dan drama. Di suatu hari pas gue masih kecil, gue ingat bapak gue nonton film Rocky, entah yang ke berapa.

Pas dewasa, gue akhirnya tertarik untuk menonton semua seri filmnya. Ceritanya bergulir dengan baik, beberapa kali gue meneteskan air mata. Gue senang dengan karakter yang underdog, yang awalnya di pandang remeh, namun bisa membuktikan kemampuannya.

Pengaruh:

Waktu awal-awal selesai menamatkan serinya, gue ada kepikiran untuk jadi petinju, tapi mengurungkan niat setelah melihat fisik gue sendiri. Gue akhirnya, cuma latihan tinju samsak di rumah teman gue. Dan, pada satu kesempatan, saking sukanya sama karakter Rocky, gue sampai membuat semacam video pengenang masa kejayaan Rocky.

~*~

Itu adalah beberapa elemen pada film, mulai dari cerita, karakter, sampai dialog yang mempengaruhi kehidupan sehar-sehari gue. Yang tercantum disini hanya beberapa yang gue ingat jelas, masih banyak lagi film yang mempengaruhi hidup gue. Dalam film, apakah ada yang mempengaruhi kehidupan kalian?

15 comments:

  1. Indiana Jones fave saya banget itu maaah. apalagi yang raider of the lost ark. duh kece banget filmnya. ditonton berapa kali pun nggak bosan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri pertamanya emang pembuka yang bagus, sih..

      Delete
  2. Indiana jones sama taken itu udah paling keren sih
    aku suka banget sama keduanya
    bahkan sampe sekarang masih aja di tonton wkwk

    ReplyDelete
  3. gue filmnya yang catatan mas boy, tapi yang ada abimana itu. engga tau deh, gue ngeliat karakter yang dibawaaain sama abimana, yang santai, jdi mulai ngikutin karatker tersebut, yang humble dan mudah bergaul.


    gue mungkin jarang banget sih, gara'' satu hal, kemudian menirukan sifatnya. cuman yg karakternya abimana aja sih. sisany, gue ngambil semangat yang diperankan oleh tokohnya. mulai dari rocky yang pantang menyerah, smpai semangatnya yuri boyka di film undisputed. dari dua film itu aja, gue jdi semangat buat ngejadiin badan gue keker. hahaha

    gue engga pernah nnton film indiana jones sih. engga ada gambarannya. heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mudah bergaul kayaknya perlu diikuti tuh. Gue tipe orang yang masih susah intuk bergaul.

      Rocky emang favorit sih~

      Delete
    2. Quote nya masih berlaku smpe skrg sih. Salah safu film terbaik Rocky ini

      Delete
  4. di perfilman indonesia, Reza Rahadian udah nggak ada celahnya lagi Vina rasa. udah top begeteh. apapun perannya masuk aja sama dia. cocok, dapat aja gitu chemistrynya yang ntah bagaimana caranya, ntah bagaimana ilmunya. sampai banget ke penonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempat singgung di Twitter, dan dikatain penggemar berat Reza Rahadian.

      Saya hanya mengutarakan apa yang saya ingin utarakan masalah ikut-ikutan didunia maya~

      Delete
  5. Gak nonton Habibi selanjutnya, selain yang pertama dulu.

    Rocky ini yang Rocky Balboa petinju ya, Hul? Ehehe. Saya juga suka. Pertama kali suka Sylvester Stallone karena film itu. Padahal beberapa orang lebih suka dia di Rambo. Cuma saya lebih sregnya, ya film itu. Sempet jadi suka banget nonton tinju juga sebabnya film Rocky~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, orang lebih banyak di Rambo. Bokap suka banget film Rambo. Tapi, gue sukanya Rocky. Perjalanan hidup dan karakter yang sangat kompleks~

      Delete
  6. Gue sih seringnya jadiin film itu pelampiasan. Makanya gue seneng banget sama genre animasi dan scifi. Karena dua genre ini sangat menghibur. Di animasi gue jadi bisa ketemu sama anak-anak terus ketawa bareng ngeliat tingkah lucu di dalam film dan di scifi gue bisa terpesona sama berbagai teknologi-teknologi rekaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelampiasan terhadap rasa sayang yang bertepuk sebelah tangan? :D

      Kadang-kadang, orang kalo nyari referensi nonton film tertentu atau dokumenter. Itu keren juga sih, tapi, selama ini, belum pernah saya coba. Kebanyakan inspirasi datang secara tiba-tiba..

      Delete
  7. Dulu suka mbayangin jadi James Bond. Tapi itu waktu masih jamannya Roger Moore.. :)

    ReplyDelete
  8. Yakkk. Gue film habibi. Sering banget niru2 suara khas nya. Tapi... Ya gak mirip. Wkwkwk

    Nah klo anime Naruto gue sering melakukan cara larinya yg beda dari yg lain. Dan itu goks. Hahaha

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..