Dec 26, 2017

Marhaban Ya Liburan

Pada setiap libur panjang, yang selalu dikepala gue adalah tidur seharian dirumah, mentok-mentok nonton film atau baca buku. Gue adalah tipe orang yang selalu senang menghabiskan waktu sendiri, dikamar tiduran dari pagi sampai ketemu pagi lagi. Menurut gue adalah sebuah hal wajar jika mengabdikan diri gue untuk menikmati liburan ini tanpa berbuat lebih.

Sampai tiba suatu masa, pada pertengahan tahun 2015. Waktu itu gue adalah seorang pendiri website anak muda, namanya Simolor. Sebagai pendiri yang tidak punya pegangan dan budget, gue mencoba memberi lebih pada kontribusi tulisan dan konten. Gue rekrut teman-teman untuk nulis juga disana biar jadi ramai. Gue sempat vakum dari blog sendiri gara-gara ngurus Simolor.

Nah.

Waktu itu, gue lagi nulis buat konten Simolor. Gue lupa judulnya apa, yang jelas setelah nulis gue nyari gambar pendukung untuk konten yang akan gue publish itu. Dari ribuan gambar yang ada, gue nemu foto orang gemuk yang cuma bisa baring sama duduk. Gue buka artikelnya, lalu ter-direct ke salah satu website. Gue baca-baca, dan ada beberapa penjelasan tentang faktor-faktor orang menjadi gemuk. Salah satunya adalah tidak banyak gerak.

Gue melihat sekelilinng, lalu menatap perut. Menarik napas agar perut tidak terlihat buncit.

Dari situ, liburan selalu gue isi dengan olahraga kecil. Walau tidak setiap pagi, gue sebisa mungkin lari-lari pagi di lapangan dekat rumah. Gue nonton film horor agar kalori gue turun. Gue ngga banyak makan malam dan ngemil. Semua pola hidup yang kurang sehat gue jauhi, meski makan Mie Instan adalah salah satu pantangan yang susah untuk tidak gue langgar.

Selain liburan datar yang selalu diisi dengan jadwal monoton setiap hari, gue mulai mencari cara agar liburan gue seenggaknya ngga gitu-gitu aja. Lalu tercetuslah ide waktu itu, film pendek Sandera. Gue buat film pendek itu awalnya cuma iseng-iseng cuma untuk ngisi waktu liburan. Gue juga ngga mengambil setting banyak-banyak, film pendek itu serba seadanya.

Lalu, jadilah film itu. Setelah jadi, gue malah jadi ketagihan bikin film pendek. Di kehidupan nyata, gue selalu ditanya kapan mau bikin film pendek lagi. Gue selalu menjawab kalau ada waktu. Beberapa orang juga ada yang tidak menerima dengan ending film pendek itu. Jujur, gue sendiri juga merasa kurang puas. Namun, dari beberapa hari syuting seadanya dalam sebuah projek kecil iseng-iseng dalam rangka mengisi waktu liburan itulah hasilnya. Disamping mengisi waktu luang, gue juga jadi belajar banyak tentang beberapa hal. Entah itu gue dapat dari lapangan, atau dari teori yang gue coba gali dari internet.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini dalam rangka mengisi waktu libur gue akan membuat film pendek selanjutnya. Judulnya Jomblo Normal Activity. Pada saat memikirkan idenya, gue sedang jomblo. Yah, memang teknis sekali.

Film pendek gue ini ngga akan ribut dan ramai seperti sebelumnya, gue akan mencoba membiarkan film pendek ini jadi karya gue pribadi, yang kalau orang mau nonton dipersilahkan. Gue tidak akan gencar membuat promosi di Instagram atau sosial media manapun. Sekalinya promosi mungkin cuma akan memberi tahu jika gue sedang buat film pendek.

Selain sedang membuat film pendek, gue baru saja pulang dari liburan.. beneran. Yap, ini bukan sebuah jokes atau april mop. Tepatnya Januari waktu itu, sekolah gue ada wacana untuk membuat study tour ke beberapa kota di pulau Jawa. Bersama teman sekelas, gue sepakat untuk ikut. Kami ngumpul uang bareng tiap bulan. Kadang-kadang ada yang duluan. Kadang-kadang ada yang telat. Jika kalian berpikir gue ikut dengan uang dari orang tua.. yah mungkin.

Jadi, tiap bulan, gue nyisihin uang saku sekolah untuk gue pake bayar cicilan itu. Secara tidak langsung gue tidak memakai uang orang tua gue, namun secara teknis itu juga masih uang orang tua gue. Sampai pada hari-hari mendekati study tour, guru yang akan membawa kami memberi informasi untuk melunasi secepatnya.

Gue sangat tertarik mengikuti study tour ini karena gue pengen liat Jakarta dan Jogjakarta. Jadi, study tour ini akan berlangsung di tiga kota, yaitu Malang, Jogja, Jakarta. Namun, yang membuat gue sangat tertarik disamping sesi foto adalah kunjungan ke UI dan UGM. Lalu gue tahu, dalam sebuah selebaran jadwal acara, Jogja hanya berkunjung ke UNY. Gue mulai kecewa, meski gue masih tertarik melihat UI.

Study tour berlangsung selama tujuh hari. Gue mau cerita, tapi dipostingan yang lain dan mungkin akan gue bagi dalam beberapa bagian. Gue juga akan buat video perjalanan yang gue rekam. Walaupun sudah menginjakkan kaki di kota Jakarta, makan makanan khas yang enak, melihat pemandangan megah dan klasik dari kota-kota provinsi Jawa lainnya, gue masih cinta dengan Sulawesi.

Sebelum mengakhiri pos ini, gue akan menjabarkan resolusi untuk tahun 2018. Berhubung tahun lalu ngga ada, sebelum tahun berganti gue akan selipkan. Resolusi gue untuk tahun depan, adalah sebagai berikut.

1. Lulus dengan nilai memuaskan,
2. Masuk Universitas impiann dengan jurusan sastra atau komunikasi,
3. Bikin buku,
4. Penghasilan sendiri.
No pict = hoax

13 comments:

  1. Apaan, saya juga suka tidur-tiduran, tapi nggak gemuk. Ngemil malem juga samanya. Emang faktor gen kali wqwq. Lah, sempet liburan ke Jakarta? Ke TMII kagak? Wah, lagi jarang-jarangnya buka medsos atau blog, sih, sejak laptop bermasalah. Ini aja buka dari ponsel. :(

    ReplyDelete
  2. Mana nih foto yang lainnya, Hul?
    Sepertinya masih ada di galery deh, coba masukin post ini :D

    Btw, untuk resolusinya keren. Semoga tercapai satu persatu ya, kuat melawan rintangan apapun itu, dan jangan lupa terus berbagi dan menginspirasi lewat blog ini..

    ReplyDelete
  3. WADAW! Resolusinya mantap. Semoga bisa terlaksana di tahun 2018. Aamiin...

    Wuih, bisa buat film juga nih.Keren lah. Asah terus ilmunya biar makin mantap! :)

    ReplyDelete
  4. Sungguh sebuah pengabdian yang sangat dalam ya, Rahul menikmati liburan tanpa berbuat lebih hahahaha.

    Salutlah bisa mengisi liburan dengan berkarya. Mudah-mudahan tahun depan bisa kuliah di jurusan yang cocok. Kalau suka bikin film pendek, paling cocok memang jurusan ilmu komunikasi tuh. Tapi ya semua jadi balik ke kita sendiri lagi, kalau memang niat berkarya di jurusan apapun pasti bisa. Tapi kalau mau dapat ilmunya ya, ke komunikasi cocok tuh!

    ReplyDelete
  5. Kalau diinget2 aku dulu seusiamu kepikirannya cuman dirumah nonton kartun dsb.
    Belum kenal blog bahkan internet.
    Beruntung banget sama jaman sekarang, banyak hal yg bisa dilakukan remaja dengan kemajuan jaman. Liburan yg dulu cuman tiduran bisa dibuat lebih bermanfaat buat ngeblog, bikin film pendek, dan kegiatan positif lainnya.

    Semoga dari hal2 kecil ini bisa membuatmu terarah mau seperti apa kedepannya. Apalagi baca resolusimu, aku salut pas bagian punya penghasilan sendiri. Keren! Udah mikir buat bisa hidup mandiri, good luck!

    ReplyDelete
  6. well done, study tournya enak dan agak antimainstream. Biasanya sekolah kalau study tour sih ke satu kota yang nggak jauh-jauh amat dari kota asal, tapi ini tour pulau jawa sih bisa dibilang. Ada kunjungan ke universitas negri ternama pula, mantap.

    ReplyDelete
  7. Jadi ngiri sama anak sekolah yang bisa liburan di akhir tahun. Saya malah masih stres buat UAS. Huahaha. Doain saya ya, sukses di UAS!

    Saya kira kamu bakal pake jaket kuning ala anak-anak Jakarta kalau ke UI. Semoga tercapai impianmu, Rahul, bisa kuliah sastra. Kalau bingung milih universitas, UNJ aja udah. Nanti kita ketemu. :))

    ReplyDelete
  8. Dari liburan akhir tahun kemarin gue kerjanya tidur-tiduran Mulu dan keterusan sampe tahun baru ini. Tapi lebih sering karena begadang sih. Berat badan naik, celana udah kayak gak muat. Pengen juga ikut olahraga lagi... Tapi nantilah kalo gak ngantuk. Haha

    UI itu kepanjangannya apa? universitas Indonesia? Kok di Jogja? Atau maksudnya Universitas Islam? Hmm

    ReplyDelete
  9. saya kira kang rahul ini sudah kuliah eh tahunya baru sma whahaha. ternyata semua orang kalau liburan itu ya banyakk magernya haha

    semoga resolusinya bisa terwujud satu-satu.

    ReplyDelete
  10. Wihiii semoga benar2 tercapai deh impianmu di 2018💃💃

    Iya tuh, sepakat. Liburan itu bukan waktunya leha2, tetapi waktu untuk lebih produktif. Misal, nonton film, kemudian direview di blog. Kan menghasilkan karya tuh. Minimal gak mager2 amat.
    Kalo bikin video pendek kayak kamu dek, aiih nge-lag mulu dah nih laptop. Aku nunggu laptop baru aja, nunggu menang lomba, hehe

    ReplyDelete
  11. Mengaminkan doanya dulu ^^

    Kayaknya gie liburan atau nggak tetep aja menggendats wkwkwkwk, olahraga emang udah jadi keharusan dan gaya hidup sih bukan lagi pilihan kesekian.

    #sehat2018

    ReplyDelete
  12. asli tulisannya random banget tapi enak lah dibaca.
    semuga sukses dengan resolusi tahun ini yaa

    ReplyDelete
  13. Bentar lagi juga liburan enaknya kemana ya..?


    KUNJUNGIN LINK DI BAWAH INI YUKKKKKK

    Ton Nasa

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..