Sedikit flashback beberapa tahun lalu, dimana gue baru mengenal blog. Dimana yang gue tau blog itu berbayar, dan mahal buat nge-gunainnya. S...

Berkarya bukan untuk jadi Terkenal Berkarya bukan untuk jadi Terkenal

Berkarya bukan untuk jadi Terkenal

Berkarya bukan untuk jadi Terkenal

Sedikit flashback beberapa tahun lalu, dimana gue baru mengenal blog. Dimana yang gue tau blog itu berbayar, dan mahal buat nge-gunainnya. Saat itu, waktu gue mau menggunakan blog, gue masih belum punya laptop, belum punya hape yang memadai untuk mencari informasi;

- apa itu blog ?,
- dan bagaimana cara kinerjanya ?

Dari dulu gue orangnya kalo tertarik sama sesuatu, gue akan cari tau sampai gue puas dengan pemahaman yang gue dapat itu. Jadi waktu itu, gue ke warnet dengan menyisihkan uang jajan sekolah 3 hari.
H- pun telah tiba, gue kewarnet sendirian (biasanya ngajak teman main game friv.com), karna waktu itu gue pengen banget lama-lama buat mendalami apa itu blog ?. Setelah sampai di warnet gue langsung ke penjaga warnet dan nanya,"ada yang kosong?", penjaga warnet itu meng-klik pause gamenya dan menjawab,"ruangan 4 tinggal 10 menit". Gue-pun nunggu.

Biar keliatan keren,

*8menit*

*5menit*

*3menit*

*1menit

*finish*

Gue seneng banget saat liat layar monitor ruangan 4 waktunya habis, saat mau mesan ruangan 4, tiba-tiba..
"tambah setengah jam" kata orang di balik ruangan 4, entah rasa seneng gue saat itu langsung sirna, karna dari rumah gue udah ngatur waktu buat kesini, waktu jalan kesini, waktu main, waktu jalan pulang, waktu singgah beli siomay, semua udah gue atur sehingga gue ngga terlambat untuk pulang, dan ngga dimarahin nyokap.

Dulu, jaman gue SD, warnet adalah rumah ke-2 buat anak-anak, waktu itu warnet lagi booming2nya, dan di dukung oleh uang jajan anak yang memakai warnet tersebut, sekarang udah beda, apa-apa tinggal klik google via hape terus klik search dapet deh informasinya atau apa yang diinginkan. Dulu juga waktu gue udah punya hape nokia yang bisa dengerin musik, tapi waktu itu belum paham internet via hape, jadi gue ke warnet buat download lagunya Madun, karna dulu gue ngefans banget, sampai-sampai gue pernah upload foto di facebook, pake baju kaos bola, pake peci, terus nyimpen bola di leher belakang terus bungkuk dan gue suruh adek gue foto dengan bayar 2 ribu rupiah, iya ade gue matre.

Back, jadi waktu itu gue udah mau pulang, tiba-tiba ada yang keluar dan bilang, "de, mau main? waktuku masih ada 7 menit", gue seneng banget, gue langsung nambah waktu dan main. Kalo gue udah depan monitor, pasti gue lupa tujuan utama gue. Gue buka facebook, terus main ninja saga sampe setengah jam, terus gue liat waktu,"ah, masih lama" kata gue dalam hati, terus waktu sisa 15 menit.

"Waduh", gue langsung buka google, terus manfatin waktu yang ada, gue liat, dan nemu sedikit pencerahan:

Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. -via solozine.com.


Terus, gue liat lagi situs buat ngaksesnya, gue dapet pertama Wordpress, gue baca dan katanya agak rumit buat pemula kayak gue, gue cari titik terangnya dan dapat blogger.com. Gue pulang dengan pemahaman dan kepuasan mendapatkan arti apa itu blog ?


***

Masih flashback waktu SMP, gue ada tugas dari guru bahasa, tugasnya disuruh nyari entah apalah lupa, terus gue nyari di koran bareng temen gue, terus gue liat samar2 mukanya agak blur, ia Raditya dika, gue ngga baca, cuman liat fotonya.

***

Masih flashback. Pas kelas 2 SMP, gue ngajak temen gue buat nyari buku cetak, dia setuju karna katanya mau beli bukunya Raditya dika, gue masih belum tau waktu itu siapa raditya dika. Gue nyari2 buku cetak dia sibuk juga nyari bukunya Raditya dika.

Beberapa saat setelah gue masih sibuk nyari dia udah dapat duluan, gue liat cover bukunya. Gue liat ada orang berdiri ngangkat satu kaki terus nutup mulut seakan-akan lagi di dalam air, Judul bukunya Manusia Setengah Salmon. Gue pulang.

Hari berlalu, gue kerumah dia dan dia lagi mainin laptop, ada buku itu di samping laptop, gue liat bukunya, dan baca-baca, isinya seru juga, ada tips2nya, terus ada dorongan untuk mencari tahu siapa biang dari itu. Ternyata Raditya dika adalah seorang penulis blog yang sukses menghibur banyak orang karna cerita kesehariannya di blog kambingjantan.com.

buat yang kudet dan ngga tau raditya dika yang mana!


Gue langsung beli bukunya juga, gue beli marmut merah jambu, terus beli lagi koala kumal, dan ngumpul duit lagi buat beli semua bukunya. Gue terhibur banget, nyokap gue heran gue langsung seneng banget baca buku, dia ngga tau buku yang gue baca bukan buku pelajaran. Pas adek gue liat gue baca buku yang judulnya binatang semua, dia langsung nunjukin ke tante gue, dan tante gue marah, gue Gramedia cuman buat beli buku kayak gini. Yang menjela saat gue baca buku itu, gue langsung termotivasi untuk nulis.

Abis itu gue jelasin, bahwa buku ini kayak buku diary, terus dia malah bilang,"untuk apa baca cerita orang?".
Gue ngga jawab langsung pergi.

Terinspirasi lewat itu, gue ikutan buat blog, gue nabung buat beli kuota, dan mulai ngeblog. Blog gue dulunya labil banget dan ceritanya ngga dapet di raba oleh panca indra manapun, Font-nya pun font comic sans yang menurut gue waktu itu keren banget, tapi kalo gue liat2 lagi ternyata norak banget.

Melewati proses yang panjang, gue kepikiran lagi buat ngasilin duit dari Blog, gue cari lagi cara dan syaratnya, dan semuanya pupus ketika membaca syaratnya. Gue kembali nge-blog. Sampe akhirnya gue di hentikan lagi dengan pertanyaan: Buat apa gue nge blog?

Jawaban gue: Gue pengen ngeblog karna pengen terkenal kayak Raditya dika *titik*

Terus gue liat satu status di facebook sesama blogger, dia bilang 
"Kalian ngeblog tujuannya apa? me: berbagi", terus gue komen, "buat jadi terkenal",
terus dia komen,"yaelah gan, ngeblog itu sebenarnya buat berbagi yang lain belakangan, kalo ngeblog buat jadi uang atau buat terkenal, itumah bakalan beban buat ngejalaninnya".

Hati gue terasa goyang, ngga ini bukan lagi ada party, gue merasa bahwa yang dikatakan orang ini bener. BENER BANGET MALAH. Jadi mulai dari sekarang kalian yang merasa ngeblog dengan tujuan mencari duit atau ingin terkenal hilangkan lah pikiran seperti itu, pikiran itu hanya membakar semangat ngeblog kalian.
Ngeblog- dengan tujuan berbagi, entah itu berbagi informasi, cerita atau pengalaman. Sekian dari curhatan gue buat sedikit nyadarin  kalian kalo kalian jangan liat mereka yang udah di atas, liat mereka dari nol (kata-kata itu sebenernya contekan).

14 comments:

  1. Kalo gue, ngeblog sebagai sarana gue untuk berpendapat, dan melampiaskan semua keresahan yg tentunya ada disitu gue masukin cerita2 hidup gue juga. Intinya sih, gue ngeblog selain untuk mngeluarkan pendapat dan keresahan, juga sengaja gue tulis kejadian2 menarik di hidup gue, biar sewaktu-waktu di masa2 tua nnti, gue masih bisa mengenang cerita dari masa2 muda gue.

    ReplyDelete
  2. Baru menekuni dunia blog nih,
    terimakasih inspirasinya gan.

    ReplyDelete
  3. Kalo gue. .ngeblog itu gue jadiin sebagai tempat penumpahan apa yg gue tahu..
    Dan sebagai media pembelajaran..terutama dari komen2 yg membangun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. kesimpulannya, prinsip berbeda tapi tujuannya sama..

      Delete
  4. newbie masih perlu banyak bimbingan

    ReplyDelete
  5. Terinspirasi dari si kambingjantan toh. Blog menurut aku pribadi untuk menceritakan kejadian sehari-hari atau mempublikasikan karangan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yap, kaya yang barusan gue bilang: prinsip kita berbeda tapi tujuannya sama.

      Delete
  6. waiiihhh... sama donk,,, aku juga terinspirasi sama bang dika..
    http://golilaunyu.cerita.gue
    hmmm..
    btw, templatenya dapat dimana brooo??/ mau donk

    ReplyDelete
  7. Iya sebenarnya tujuan blog itu harusnya adalah sharing, masalah dapet uang dan terkenal itu merupakan bonusnya. Betul ga?

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..