Feb 17, 2016

Tulisan Wortel : Simpel tapi Elegan

Simpel tapi Elegan, mungkin itu kata yang pas untuk blog Tulisan Wortel. Sebagian besar blogger di Indonesia selalu terpaku dengan tampilan, tanpa memikirkan konten. Berbeda dengan blog lainnya, Tulisan Wortel telah memberi warna baru untuk Blogger Indonesia. Dengan tampilan blog yang simpel, namun menonjolkan kualitas kontennya

Konten yang biasa di tulis Tulisan Wortel menurut pengamatan saya tidak kurang dari 300 kata. Namun, tulisan yang panjang dari setiap postingan atau artikel tidak membuat pembaca bosan membaca, sebab, Tulisan Wortel menyajikan kontennya dengan segar dan sedikit bumbu komedi.

 
Penampakan halaman depan Tulisanwortel.com

Penampakan penuh halaman utama Tulisan Wortel. Terlihat sangat simpel.
Dari halaman depan, kita sudah bisa melihat betapa simpelnya blog Tulisan Wortel. Dari sini, saya akan membedah habis tentang blog Tulisan Wortel. Sebelum itu, apakah kalian tahu penulis di balik blog Tulisan Wortel? Nama asli dari seorang penulis di Tulisan Wortel adalah Heru Arya, atau lebih di kenal dengan Pangeran Wortel.

Karena nama blognya Tulisan Wortel, bang Heru membuat sebuah karakter yang di beri nama Pangeran Wortel, atau lebih sering di panggil pangeran. Dengan ini, Tulisan Wortel terlihat lebih punya ciri khas tersendiri. Berasa seperti istana, sudah ada rumahnya, ada pangerannya, ada juga penyajian-penyajian di dalamnya. Dan pengunjung yang ingin mengemukakan pendapat ngga perlu ragu. Pangeran akan senang hati membalasnya. Pangeran tidak akan sekejam penjahat yang kamu liat di tv. 


Setelah mengenal lebih dekat tentang blog Tulisan Wortel, mari kita menulusuri lebih dalam tentang Tulisan Wortel. Sebelum mengulas, mungkin saya akan menjawab pertanyaan yang mungkin terbesit di pikiran kalian saat ini.

Apa sih Tulisan Wortel, Hul?

Tulisan Wortel adalah sebuah blog dengan tampilan yang simpel tapi elegan dengan kualitas konten yang ngga usah di tanya lagi. Selain itu, Tulisan Wortel juga support dengan mobile, jadi, di buka di manapun pasti enak.

Dimana kita bisa membaca tulisan dari Tulisan Wortel?

Tulisanwortel.com, it's simple.

Di Tulisan Wortel update postingannya kapan?

Seminggu  2x. Setiap Rabu dan Sabtu

Siapa sih penulis di blog Tulisan Wortel?

Pangeran Wortel / Pangeran / Heru Arya.

Mengapa nama blognya Tulisan Wortel?

Tulisan Wortel tidak tercipta begitu saja. Tulisan Wortel sempat enam kali mengubah nama. Sejarah Tulisan Wortel bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang sering berpikiran,"Ah, blogku jelek, pasti ngga ada yang suka" Eits, maka dari itu kalian belajar lah dari kejelekan kalian menuju ke sebuah proses untuk mencapai apa yang kalian impikan. Bukan tidak mungkin kalau beberapa tahun kemudian, kalian sudah di kontrak perusahaan-perusahaan besar hanya karena blog. Belajar dari situ, mari kita melihat sejarah Tulisan Wortel dari jaman Phytecantrophus sampai telah menjadi nama besar: Tulisan Wortel.
 






Perjalanan panjang blog Tulisan Wortel tidak sia-sia. Dari yang awalnya biasa-biasa aja sampai menjadi luar biasa seperti sekarang. Resolusinya bisa dilihat dengan jelas. Semua ini bisa jadi motivasi dan inspirasi buat kalian yang baru mau memulai, karena jangan liat sesuatu yang telah menjadi 'sesuatu', tapi lihatlah sejarahnya. Mengapa nama blognya Tulisan Wortel? Simpel aja. Karena Wortel punya sisi yang bang Heru anggap cocok dengan kepribadiannya.

Bagaimana cara kita bisa menghubungi Heru Arya?

Liat aja bagian halaman depan blog Tulisan Wortel. Di situ sudah terpampang rapi beberapa sosial media yang bang Heru Arya punya. Mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, dan Google +. Semua telah di permudah bang Heru untuk kalian yang ingin mengenal dia lebih dekat. Jangan ragu untuk menyapanya atau memulai obrolan karena bang Heru adalah orang yang ramah. Jangan kalian beranggapan kalo kalian nyapa duluan, terus bang Heru jawab,"Kenal ngga yah?"

Home adalah halaman depan dari blog Tulisan Wortel. Jika kita membuka blog Tulisan Wortel dengan url, pasti akan langsung mengarah ke situ.
About adalah halaman berisi tentang profil bang Heru Arya (penulis), sejarah Tulisan Wortel, dan tentang Tulisan Wortel. Semua di kemas secara komplek. Jadi kalau kalian baca dengan teliti, pasti ngga akan tanya-tanya lagi.
Daftar Isi adalah halaman yang menampung postingan atau artikel dari Tulisan Wortel berdasarkan kategori/label.
Blogwalking adalah halaman yang menampung blog yang telah bertukal link dengan Tulisan Wortel. 
Award adalah halaman yang menampung semua penghargaan yang telah Tulisan Wortel raih!
Contact adalah halaman yang berisi semua sosial media yang bang Heru Arya pakai.

Sudah membahas tentang menu-menu yang ada di Tulisan Wortel. Sekarang, mari kita turunkan scroll sedikit ke bawah!
 
Di halaman utama, Tulisan Wortel hanya menampilkan 3 postingan. Dengan ini, tampilan Tulisan Wortel terlihat lebih elegan. Untuk ke postingan selanjutnya atau postingan yang lebih lama tinggal klik Next atau halamannya.

Postingan di Tulisan Wortel hampir sangat relate sama semua umur. Itulah keunggulan Tulisan Wortel dari blog lainnya.

Untuk beberapa Informasi lain, kita bisa melihat di footer blog. Di situ sudah terpampang beberapa fitur, seperi: label/kategori, alat pencarian, arsip, dan lain-lain.


Selain itu, Tulisan Wortel juga mempunyai sesuatu yang baru.  Bisa di bilang ini seperti widget gitu, tapi keren. Itu adalah sebuah livechat yang fungsinya memudahkan pembaca dari Tulisan Wortel untuk berkomunikasi dengan Pangeran. Bukan tidak mungkin kalau kita sedang membaca postingan, lalu ada yang tidak di mengerti, kalian bisa menggunakan fitur ini. Tinggal melihat, apakah Pangeran lagi online atau tidak. Caranya gampang, tinggal melihat apakah ada tulisan "Memulai obrolan".

Untuk bisa menggunakan livechat  sendiri, kalian harus login terlebih dahulu, bisa pake akun Google + atau Facebook. Atau bisa juga langsung memakai Email, contohnya seperti gambar di atas. Form pertama isinya nama kamu. Form kedua isinya Email kamu. Form ketiga berupa deskripsi pertanyaan atau apa yang pengen kamu obrolin. Menurut gue, selain keren fitur ini juga sangat bermanfaat.

Untuk mengakhiri ulasan ini, saya akan memberi satu quote yang mungkin bisa memotivasi kalian:
Jadilah seperi Wortel, walaupun kecil tapi punya banyak manfaat.

Mungkin itu yang bisa saya ulas dari Tulisan Wortel. Adapun salah kata atau salah pengetikan itu murni salah saya. Adapun juga ada kebenaran dengan apa yang anda pikirkan itu datangnya dari Tuhan. Karena kesempurnaan hanya milik Tuhan.


50 comments:

  1. Anjir, template yang bawaan blogger itu jadul abis. Gue juga sempet make. XD
    Cabe rawit dong yang kecil-kecil bermanfaat. Bikin orang boker-boker. :p

    Btw, gudlak yaaaa. Semoga GA-nya rame! Karena GA sepi itu sedih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya, tapi dengan itu Tulisan Wortel bisa kayak sekarang.
      Ngga dong. Beda, Yog.

      Makasih. Amin. Bdw, jangan baper dong, Yog.

      Delete
    2. Bang, Yogaaaaa xD

      Ngakak gue sama curcolnya

      Delete
  2. wah banyak juga yah yang ikutan GA-nya pangeran wortel a.k.a bang heru, tulisan reveiewnya keren-keren pula, pasti abang pangeran bakal pusing milih pemenangnya

    eh jadi salkus dah, semoga sukse yeh bang rahul GA-nya

    ReplyDelete
  3. Good luck, Hul. Semoga kemenangan berada di pihak lu. Gue udah kenal lama Pangeran Wortel. jadi kalo sampe lu nggak menang, gue... eh, ya gue nggak ngapa-ngapain.

    ReplyDelete
  4. Tunggu, gue mau bahas curhatan Yoga... "Sabar ya yog, jangan baper mulu."

    Oke, sebelumnya gue mau ngucapin Terimakasih udh mau ikut meramaikan GA #3rdTulisanWortel kali ini.

    Jujur, gue baca postingan ini ngerasa kurang banget. Soalnya, lagi asik2 bahas, tau-tau udahan gitu aja. "Kan gue capek udahan mulu." Eh..

    Semoga semua blogger personal juga bisa terus konsisten supaya bisa membuktikan bahwa blogger Personal gak cuman blog yg isinya curhatan doang. :)

    Nice Hul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, si Yoga Baper. Makanya Yog, baca buku "Blogger Baper"

      Sama-sama bang Heru. Hehe, sabar bang, yang pentingkan niatnya.

      Amin. Iya bang, ga semua kok, pasti ada yang akan keluar dari zona nyamannya untuk menjadi lebih baik.

      Iya bang!

      Delete
    2. Nah... Bener kata Rahul. Beli buku Blogger Baper yog...

      Yoi, niat emang harus dikuatkan.

      Sippp.

      Delete
  5. ada dua berarti blognya ya mas ?
    ini sama tulisanwortel.com .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu kok. Cuman bang Heru punya beberapa blog pendamping~

      Delete
  6. Lengkap amat, dah. Menurut gue si pangeran wortel, hebat bukan karena blognya yang keren, sama isi kontennya yang juga gak kalah keren, tapi karena konsisten. Konsisten itu susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ngga juga kok. Yap, konsistensinya bang Heru patut diacungi jempol. Dua.

      Delete
  7. Tulisan ini semacam iklan promo jual apartemen XD
    Detail sedetail detailnya soal pangeran. Gud luck ya, semoga menang :)

    ReplyDelete
  8. wah postingan ga
    sang pangeran ni, ga tau ke berapa saya udh vaca postingab ga pangeran wortel dan semakin banyak saingan di ga ini :D

    ReplyDelete
  9. Meme nya boleh juga tuh, perpaduan kata menjadi Pangeran Wortel :3

    Tapi gue sanggah dikit ya quote wortelnya, wortel kan gak selalu kecil, ada yang gedenya :p. Goodluck broh semooga lucky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan, emang ga ada wortel yang besar. Palingan juga cuma segede apaan. Yah, intinya taulah maksud gue..

      Delete
  10. Ada satu yang kurang hul. Template nya sebelum yang simple ini. Warna dasarnya oren, Wortel bangetlah pokoknya. Menurut gue template tulisan wortel lebih keren yang serba oren wortel itu..
    mungkin gak sempet di screenshot ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah perpaduan yang coba di buat bang Heru. Kalo dari gue sih keren karena simpelnya.

      Iya, gak sempet, nih~

      Delete
  11. Makin banyak gue nemuin postingan tentang GA nya Tulisan Wortel. Makin banyak juga saingan gue. HAHAHAHA.

    Cukup lengkap reviewnya, Hul. Secara keseluruhan, semuanya dimasukkan ke sini. Beda banget sama postigan gue yang ngalur ngidul. Gudlak lah, ya. Semoga menang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janganlah anggap saingan. Kita semua ini teman. Gue cuma melatih kemampuan menulis gue dari sisi yang berbeda. Itung-itung hadiahnya boleh juga. :D

      Gak terlalu sih, yang penting ada lah. Postingan kamu juga bagus, mungkin itu kacamata kamu. :)

      Delete
  12. yang saya bingungkan, apa si arti dari tuwor?
    akhirnya saya paham klo itu singkatan dari tulisan wortel... wkwk :D

    smoga GA nya menang hul, aamiin
    reviewnya cukup singkat, padat, mantap dan penuh gizi
    footernya knapa ga sekalian di screenshot hul? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, yap, benar singkatan.

      Tadinya mau nge-screenshot, tapi takut kebanyakan foto dari pada tulisannya~

      Delete
  13. Gue setuju sama heru sih..nanggung banget reviewnya,tiba-tiba abis aja gitu hahaha.

    Lihat templatenya jadi inget blog lama hahaha gak keren banget. Makanya langsung pindah ke wordpress.haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gue edit tuh. Isinya gue buat lebih gemuk~

      Delete
  14. Wih, bahas blog Tulisan Wortel. Gue gak nyangka ternyata blognya pangeran dulu kayak begitu. Wkwk. *Maaf pangeran jangan timpukin gue*
    Tapi sekarang mah udah beda atuh, keren sangat. Setuju banget kalo postingan di blog Tulisan Wortel itu panjang, tapi gak bosen bacanya.
    Sukses dah buat GA-nya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berawal dari biasa-biasa aja menjadi luar biasa.

      Iya, 180 derajat. Kontennya seru dan penuh joke jadi ga monoton.

      Amin!

      Delete
  15. aku kenal pangeran baru-baru ini hehehe, tahunnya sekarang template blognya udah bagus aja, ternyata dulu templatenya jadul kek gitu ya, semangat buat GA-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini adalah sebuah contoh untuk pemula yang baru memulai membuat blog dan mengeluh duluan sebelum mencoba~

      Delete
  16. tulisan kesekian yang bahas pangeran wortel, ampe gue bosen dan hafal isi bacanya kaya gimana wkwk

    Btw sukses ya, semoga menang GA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, luamayan banyak emang..

      Sip. Terima kasih, Don~

      Delete
  17. wih, ganti template lagi kayaknya bang heru.
    udh lama belom maen'' ke sana. hahaha

    kayaknya asik ya, kalo ada jadwal tetap tulisan gitu. pgen bikin juga sih. tapi...
    agak ribet buat nyesuain sama jadwal kegiatan. smoga kedepannya bisa bagi waktu deh.
    gue baru tau kalo ada fitur chat gtu, berasa lagi d fb aja gtu yak. hahaha. boleh juga sih tuh, widgetnya
    yah, emang harus belajar bertahap. ga mungkin juga, blog mendadak jadi hebat dan WAH secara instan. ada prossesnya.

    semoga menang GA nya deh
    ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah makin keren, cobain aja mampir.

      Iya, tapi, butuh orang-orang yang memang konsisten kayak bang Heru. Dia pernah ngasih gue sebuah kalimat tamparan yang memotivasi gue.

      Sip, terima kasih~

      Delete
  18. Mantep reviewnya.. Lengkap, sampai laman2 nya dikupas tuntas:)

    ReplyDelete
  19. lo jadi juara nggak rip, lo udah jadi juara di blog gue semog alo juga jadi juara di blognya heru haha

    ReplyDelete
  20. Gue juga salah satu penggemar pangeran lho. Bukan muji, ini beneran!
    Tulisannya bikin gue betah baca walaupun panjang. Tapi gue suka sama tulisannya, bukan orangnya ya.. haha

    Semoga menang ya bang!

    ReplyDelete
  21. Detil banget ulasan blognya pangeran Wortel. Dalem dan luarnya di bahas secara mendalam. Terakhir ngunjungi blog pangeran Wortel tampilannya ngga kayak gitu.. Ternyata template nya jadi elegan yaa~

    Semoga menang deh ;)

    ReplyDelete
  22. Ini udah kayak promo jual beli apartemen. Dijelasin dari luar sampe dalem. Atau bahkan promo jual beli apartemen itu masih kalah detail sama tulisan ini. Hueheheheee....

    Aku kalau mampir ke blognya pangeran, kadang suka baper. Soalnya blognya pangeran warnanya oranye, ngingetin aku sama kampus. sama gebetan yg tak tergapai. #laaaahh...

    Btw, good luck yaaa... semoga kamu beruntung dipilih sebagai pemenang sama pangeran.. :)

    ReplyDelete
  23. Blog tulisan wortel emang berkarakter banget. Dari kata-kata wortel dan pangeran aja udah mudah diingat oleh orang yang pertama kali tahu. Baru tau ternyata dulu sempet ganti-ganti nama dan template blognya dulu masih pakai dari blogger.
    Ulasan yang bagus, goodluck ya

    ReplyDelete
  24. si heru lagi ditelanjangin nih, sampe akarnya bahkan.
    yang sekarang mantep dia, udah nyediain group chat buat ngerusuh yang mampir. tinggal ikut ngerusuh aja gue disana haha :3

    goodluck ah \m/
    gue mah lupa kalau mau ikut ngereview blognya -_-

    ReplyDelete
  25. detail banget bro bahas blog dari si pangeran wortel, yaa semoga bisa menang ya di giveawaynya ini hehe.

    revolusi dari tulisan wortel juga kentara banget ternyata. dari blog yang dulu cupu banget sekarang berubah menjadi blog yang simpel dan elegan. si Heru emang cerdas banget dahh.

    selain itu tulisan wortel juga punya ciri khas tersendiri, yaitu warna orange dan tampilan yang simpel tapi elegan

    ReplyDelete
  26. Rahul rahul... sudah nyobain live chatnya tulisanwortel ga? sekarang ada jam-jam operasinya.. kayak dokter kalo lagi praktek gitu.. hehe. cobain lah... seru

    ReplyDelete
  27. wuidiiihhh.. lengkap banget hul.. sampe di jelasin jg tu halaman depan, menu, kontal dll..

    kerenn...

    btw pangeran wortel ini org pku loh.. satu kota sama aku. tp belum pernah ketemu sih... pgn bgt ketemu, liat versi dunia nyata nya gimana dia :D

    ReplyDelete
  28. Gue pribadi liat perjalanan Heru pertama kali ikutan BE samoe skrang, progress keblogerannya cepatt bangettt, dia jgaga konsisten nulis ttg apa aja, pernah juga tentang pulau2 di Indonesia kalo gue nggak salah. Dia juga aktip ikutan nimbrung dan skrng bahkan jdi salah satu petinggi BE, mana di blognya terus dimodifikasi sampai ada buat chag online segala. Niat banget nih orang walo pertama kali smpet geli gue denger namanya pangeran. But well, thats his identity and that's okay

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..