Sep 2, 2017

5 Sutradara Favorit dan Filmnya


Sutradara menurut gue adalah seorang yang memimpin sebuah produksi film berjalan. Jadi, kesuksesan sebuah film bergantung besar kepada sang sutradara, selain penulis skenario dan pemain. Setelah selesai menonton sebuah film, yang biasa gue cari adalah dua: sutradara dan penulis skenario maupun buku (kalo itu adaptasi). Gue selalu percaya, kalo gue nemu film bagus atau setidaknya yang gue pribadi suka, gue harus liat film mereka sebelumnya.

Itulah yang gue lakukan setiap habis menonton sebuah film. Gue akan membuka internet movie database, lalu mencari info tentang film itu.

Gue sekarang mau membahas tentang sutradara. Peran yang sudah gue ambil, setelah membuat film pendek SANDERA. Menjadi seorang sutradara, menurut gue harus mengambil tugas yang sangat kompleks. Mereka setidaknya harus tau mau buat apa, dan film itu mau dia gimanain. Sebelum turun langsung di lapangan, gue waktu itu belajar sedikit teknik film lewat YouTube. Setidaknya, kalo gue dapat pertanyaan dari pemain, gue bisa jawab.

Menurut yang gue pelajari, sutradara harus paham cerita. Dia harus bisa berfungsi sebagai story-teller, meski dia bukan yang menulis skenarionya. Itu juga yang gue lakukan saat menjadi sutradara. Yang sayangnya, orang banyak bingung di endingnya, yang gue lupa beri penekanan pada bagian-bagian tertentu.

Dari pengalaman gue nonton film, gue bukan seorang kritikus film sekali lagi, bukan juga penggila film, gue hanya memposisikan diri gue sebagai penikmat. Karena gue suka cerita, dan salah satu medianya adalah film. Jadi, inilah lima sutradara favorit gue, yang setidaknya gue ingat sekarang, dan beberapa filmnya yang mungkin bisa jadi rekomendasi.

Todd Philips

Beberapa dari kalian mungkin sudah pernah menonton trilogi The Hangover atau Due Date. Salah dua film komedi hollywood arahan Todd Philips. Todd Philips ini selalu menjadi penulis juga untuk filmnya sendiri. Rasa terhadap komedinya bagus. Beberapa sering nyatet bagian yang lucu untuk di telaah.

Todd Philips merupakan sutradara kelahiran Brooklyn. Lahir pada tanggal 20 Desember 1970. Sutradara ini membuat gue jatuh hati pada saat menonton trilogi The Hangover. Cara bercerita dan tema yang diangkat memberikan aroma baru terhadap film yang gue tonton sebelumnya. Karakter yang diciptakan selalu ada yang memang di siapkan untuk menjadi Joker, orang yang berperan untuk di tertawakan. 

Film-filmnya antara lain adalah:

  • The Hangover (2009) bercerita tentang tiga orang sahabat bernama Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), dan Alan (Zach Galifianakis) yang di ajak untuk berpesta menjelang pernikahan temannya Doug (Justin Bartha). Lalu mereka mabuk berat. Dan menemukan keanehan di pagi harinya.

Review: Kalo mau coba nonton film Todd Philips, cobain ini dulu. Lucunya goks abis. Dari awal sampe akhir film di bikin ngakak dengan aksi mereka bertiga. Tiga orang sahabat dengan masing-masing idealisme.

  • Due Date (2010) bercerita tentang seorang bernama Peter Highman (Robert Downey Jr,) melakukan perjalanan dari Atlanta ke Los Angeles untuk menghadiri kelahiran anaknya. Saat sedang berada di bandara, Peter bertemu dengan Ethan Tremblay, yang katanya, seorang calon aktor.

Review: Kalo udah nonton trilogi Hangover, baru nonton ini. Lucunya ngga kalah sama The Hangover. Salah satu film Todd Philips yang ada sedihnya. Bermain dengan keren, Robert membangun chemistry dengan Zach dengan keren. 

Bong Joon-Ho

Sutradara asal korea ini sebenarnya baru gue tahu setelah ramainya orang berbincang tentang film Okja (2017). Film pertama yang gue nonton dan gue tahu kalo itu adalah film Bong Joon-Ho adalah Memories of Murder. Film-film arahan Bong Joon-Ho selalu menarik untuk di tonton. Karakter yang selalu di buat unik nan realistis. Dan cerita yang sarkas dan sedikit di bumbui komedi.

Saat pertama kali mendapatkan rekomendasi film Bong Joon-Ho di internet yaitu Memories of Murder, gue tidak terlalu tertarik untuk mencari tahu, apalagi menonton. Saat orang ramai berbicara tentang film Okja, semua mulai goyah. Film-filmnya pun langsung di tonton satu persatu.

Film-filmnya antara lain adalah:

  • Memories of Murder (2003) bercerita tentang detektif yang bertugas untuk menyelediki kasus pembunuhan berantai yang saling berkait. Anggota kepolisian antara lain, Detektif Park Doo-man (Kang Ho-Song), Detective Seo Tae-yoon (Sang-Kyung Min), dan Detective Cho Yong-koo (Roe-Ha Kim) 
Review: Filmnya menegangkan. Dari setiap cerita bergulir, selalu ada saja orang yang mencurigakan dan membuat kita berpikir. Membuat kita ikut serta untuk menjadi detektif.


  • Snowpiercer (2013) bercerita tentang sekelompok orang yang di kurung di sebuah kereta akibat kesalahan percobaan yang menyebabkan dunia menjadi es. Di bintangi oleh Chris Evans, Snowpiercer menjadi debut pertama Bong Joon-Ho untuk film berbahasa inggris.

Review: Keren. Lebih dari ekspektasi. Menyajikan aksi dan drama yang apik. Setiap adegan, kita dipaksa berpikir untuk tahu cerita selanjutnya. Filmnya segar, walaupun bertema tentang penyekapan, tapi lebih dari itu membahas masalah yang lebih luas.

Christoper Nolan

Siapa sih yang tidak tau. Sutradara kaliber yang setiap filmnya selalu di tunggu dan di nikmati. Film-filmnya selalu mendapat rating yang tinggi. Selalu menjadi bahan pembicaraan untuk kritikus film. Nolan di setiap filmnya, selalu menyuguhkan sesuatu yang membuat saya geleng-geleng. Meski saya sendiri masih dangkal soal sinematik, saya sangat suka dengan cara pengambilan gambar di setiap filmnya. Terutama pada film The Dark Knight.

Nolan juga selalu menggandeng saudaranya Jonathan Nolan untuk membantu menulis skenario film yang dia buat. Menjadi saudara pembuat film kayaknya keren banget.

Film-filmnya antara lain:

  1. Memento (2000) bercerita tentang seorang pria bernama Leonard (Guy Pearce) yang menderita amnesia, ingatan jangka pendek. Ia berusaha menemukan pembunuh istrinya dengan keterbatasan ingatannya.

Review: Filmnya keren. Twistnya keren. Awalnya pasti ngga ngerti, jadi tonton aja dua kali.


Batman Begins (2005) bercerita tentang Bruce Wayne/Batman (Christian Bale) yang di waktu kecil harus menyaksikan kedua orang tuanya di bunuh di depan mata. Menjelang dewasa, dia berubah menjadi sosok pahlawan.


Review: Film ini yang buat gue suka sama karakter Batman. Suka sama penuturan cerita dan adegan demi adegan yang penuh aksi. Awal yang baik untuk seri Batman pertama dari tangan Nolan.

Rajkumar Hirani

Salah satu sutradara Bollywood yang gue suka. Selalu membuat film komedi-satir. Sarkas keras menyinggung pihak tertentu, namun di balut komedi yang apik. Karya-nya selalu meledak, menjadikan Rajkumar Hirani, salah seorang sutradara yang filmnya di tunggu-tunggu. Dengan memulai debut sutradara pada film Munna Bhai M.B.B.S (2003), mampu membuat dirinya menjadi sutradara yang filmnya di nanti banyak orang.

Setelah menonton PK, seperti biasa, gue mencari tahu tentang sutradaranya, lalu ke film-filmnya. Menemukan beberapa film-film yang seru. Lanjut menonton 3 Idiots, dan tidak ragu menyebut Rajkumar Hirani salah seorang sutradara favorit. Gue selalu suka dengan cerita yang dia buat. Tidak pernah terpaku dengan satu macam gaya.

Film-filmnya antara lain:

  • 3 Idiots (2009) bercerita tentang 3 orang mahasiswa yang selalu berbuat konyol di salah satu universitas ternama. Tindakan konyol itu di pimpin oleh Rancho (Aamir Khan), dan di dukung oleh kedua temannya, Farhan (Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi).

Review: Penggemar komedi harus nonton. Untuk guru-guru dan murid-murid diluar sana, wajib nonton. Sebuah sarkasme untuk pendidikan. Dengan cerita bergulir, kita akan goyah pada akhir filmnya.


  • PK (2014) bercerita tentang seorang alien bernama PK (Aamir Khan) yang turun ke bumi. Lalu tersesat karena alat untuk kembali ke tempat tinggalnya, di curi orang. Lalu PK mulai beradaptasi dengan manusia di bumi.

Review: Lebih dari itu, filmnya sama sekali tidak membicarakan alien. Justru lebih luas, PK membicarakan tentang agama dan tradisi. Sarkasme yang di balut komedi dari Rajkumar Hirani selalu tersampaikan dengan baik.

Steven Spielberg 

Sutradara yang satu ini telah menjadi kiblat untuk para sinemas muda. Film-filmnya tergolong bagus dan box office. Salah satu film yang meledakkan namanya adalah Jurassic Park (1993). Sutradara yang satu ini telah mendapatkan 3 piala oscar. Menjadi sutradara yang masih aktif membuat film di usia yang tidak lagi muda.

Beberapa film tengan di kerjakannya. Dari beberapa situs, Spielberg, dikabarkan akan membuat semacam remake atau mungkin reborn, film Indiana Jones.

Film-filmnya antara lain:

  • Jaws (1975) bercerita tentang serangan sebuah hiu di sebuah pulau. Lalu, Martin Brody (Roy Scheider), kepala pantai menutup pantai karena takut adanya korban lain. Namun wali kota melarang keras karena takut jumlah wisatawan akan turun.

Review: Untuk ukuran film thriller, cukup menegangkan. Di beberapa scene sempat kaget. Dari segi cerita cukup simpel, ngga perlu mikir untuk nonton.


  • The BFG (2016) bercerita tentang gadis yatim piatu bernama Sophie (Ruby Barnhill) berteman dengan raksasa yang di juluki BFG atau Big Friendly Giant (Mark Rylance). Lalu keadaan membawa Sophie ke dunia BFG.

Review: Ceritanya unik. Suka dengan mengkombinasikan animasi dan manusia. Beberapa adegan lucu karena ke-absurd-annya. Film yang diangkat dari buku selalu menjadi pilihan.

Itulah lima dari sekian sutradara favoritku. Yang tertulis disini adalah nama yang gue ingat pas menulis, jadi mungkin akan ada sambungan bagian dua atau semacamnya. Juga untuk film dari masing-masing sutradara, gue pilih berdasarkan yang sudah gue nonton. Jadi, siapa sutradara favorit kalian? Sebutkan beserta filmnya yah.

42 comments:

  1. Sekalipun banyak yang ngomongin Christoper Nolan, saya cuma tau Christoffer Nelwan.

    Film-filmnya saya nggak tau. Nama sutradara di atas juga nggak tau. Untung pernah nonton 3 Idiots. Oh iya, suka banget sama film itu. Film yang cocok buat naikin semangat lagi kalau nilai ulangan jeblok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, 3 Idiots emang sarkas, tapi cara menyampaikan halus, jadi menarik untuk ditonton~

      Delete
  2. Jujur, kalau masalah film aku kurang tahu, dan bahkan kurang update..hehe
    Tapi dari semua yang ditulis cuma tahu satu, tri idiot dan baru tahu juga sutradaranya itu..hehe

    Thank infonya, Mas, bermanfaat nih, aku jadi tahu..

    ReplyDelete
  3. Waaaw The Hangover aku sukaaa. Lucu yang pas Stu (eh yang rada cupu itu namanya Stu kan?) nikah mendadak. Wkakakaka. Terus filmnya Bong Joon-Ho aku baru nonton yang Okja. Christopher Nolan.... pribadi yang lemah kayak aku nggak bisa suka banget sama filmnya. Oh iya, aku juga baru tau nama sutradaranya 3 Idiots dari tulisan kamu ini.

    Hmmm kalau ditanya sutradara favoritku siapa itu bingung sih. Mungkin jadinya bakal kayak postingan kamu ini ya. Lebih dari satu. Kalau boleh nyebutin, aku suka sama Xavier Dolan (Mommy), Spike Jonze (Her) Kim Ki-Duk (Pieta, 3-Iron), Woody Allen (Annie Hall, Cafe Society), Yorgos Lanthimos (Dogtooth, The Lobster), sama Rahul Syarif (Sandera). Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga tahu mau senang atau sedih. Tapi, kayaknya yang terakhir sarkas deh.. :")

      Delete
  4. Ya ampun aku cuma kenal sama dua sutradara di poin ke-4 dan ke-5. Payah ya.

    Aku pun biasanya aehabis menonton, sesekali senang mencari tau, siapa sih sutradara di balik film yang kutonton.

    Oh ya, bagaimana dengan sutradara dari Indonesia? Ada yang jadi favorit kamu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajkumar Hirani dan Steven Spielberg emang keren sih. Tapi, gapapa. Masih ada waktu untuk nonton.

      Ada, sih, kayak Joko Anwar, Monty Tiwa, Mira Lesmana, dll.

      Delete
  5. Promosi terselebung anjir :)))

    Eh? Jo itu saudara ya? Gue kirain omnya. Hahak. Gue salah satu fans berat Nolan, dan sejauh ini film garapan Nolan favorit gue adalah Interstellar dan Inception. Memento walaupun udah tiga kali nonton tapi belum bisa paham secara keseluruhan. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu ada celah. Mwhehehe..

      Iya, saudaranya. Memento emang bikin sakit kepala. Untungnya ada teman yang eksper dan ngejelasin beberapa bagian yang ngga gue ngerti~

      Delete
  6. Sutradaranya Fast n Furious ngga masuk ya, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan, sutradara mereka ganti2. Kalo ditanya yang mana, sukanya yang Fast 7, James Wan~

      Delete
  7. Makin hari makin keren aja nih Rahul, postingannya makin beragam. Mana sekarang niat bangettt nulis ttg sutradara yang pasti untuk mengulasnya butuh research juga kan ke mereka. Hehehehe...

    Tapi dari semuanya, gue malah lebih suka yang India itu. 3 Idiots menurut gue keren bangettt dan nggak kayak film India mainstream lainnya yang melulu soal rmance (maklum, gue pecinta Bollywood sejak SD). Tapi yang PK ini gue belum nonton dan habis ini mau download filmnya. Gue jadi tertarik lagi sama acting si aamir Khan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencoba hal yang baru. Meski blog personal, tapi nyobain nulis ginian dari sudut pandang personal. Hmm, mayan sih mba..

      Lagi2.. Nonton buruan. Ngga kalah sama 3 Idiots~

      Delete
    2. Haruss nonton mey... PK.. rekomendasi penuh. Cerdas bgt cara penyampaiannya, pdhl topik yg diangkat sensitif.

      Delete
    3. YESS!! Gara gara Rahul gue jadi udah nonton PK dan itu emang bagussss bangettt, agamis agamis lucu gimana gitu..dan emang cerdas bangettttt...nggak nyesel lah baa tulisan Rahul pokoknya. hahaha

      Thanks anyway!

      Delete
    4. PK wajib, mey! Bagus banget yang ini. Iya bener agamis-agamis gitu. Beda lah pokoknya. Ngomong-ngomong soal film agamis, ada juga film yang menurut saya menarik, sayang lupa judulnya. Intinya tentang pemilik toko yang menuntut Tuhan di pengadilan gara-gara tokonya kebakar kalo ga salah. Duh saya jadi pen nonton film ini lagi haha.

      Delete
  8. Wow.. sesama penikmat film! Walau sekarang lg stop dulu krn ada bayi. Hehe.
    Hangover tak bgitu suka, memento pun bgitu, dark night menurut saya biasa, PK dan 3 idiots brilian, jaw dan jurasic mah edannn... Film pepolor di jamannya. Rul... Tambahin please dgn sutradara yg doyan bikin film horor... Saya ingin baca ulasanmu. Soalnya mnurut saya bikin film horor yg bagus itu susah. Saya suka conjuring, anabelle, drag me to hell. Itu sutradaranya siapa ya...hmmm.. lupa lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nebeng sini ahh..

      Hangover saya suka, tapi cuma film pertama. Hangover 2 sama 3 menurut saya ga begitu bagus. Memento belum nonton, Dark Night menurut saya sih bagus. PK dan 3 Idiots masuk list film bollywood terbaik versi saya haha. Jaws dan BFG belum pernah nonton sih, penasaran sama BFG kayaknya bagus.

      Kalau film horor, Conjuring menurut saya sih juara, Annabelle belum nonton, Drag Me To Hell juga bagus meskipun filmnya udah lumayan lama juga. Soalnya jarang nonton horor juga sih, kalo horor pollnya harus di bioskop biar efek suaranya dapat haha. Kalo film non horor bisa nunggu bajakannya *ups

      Delete
  9. Gue kurang suka sama nonton film btw, tapi menurut gue sih dari kelima sutradara favorit lo, yang gue juga suka adalah Rajkumar Hirani. Soalnya diliat dari filmnya, dia itu asyik banget gitu. Maksudnya, pas lah sama selera film gue gitu. :)

    ReplyDelete
  10. Walaupun bukan pecinta film dan hanya sebagai penikmat merasa tercerahkan dengan postingan ini. Bener juga ya, kalau nonton film itu lihat siapa sih orang2 dibalik layar yang sebenernya punya peranan penting atas kesuksesan film tersebut. Aku selama ini cuman terpaku sama aktor/aktrisnya doang.

    ReplyDelete
  11. Daaaaan dari semua itu aku nggak tahu siapa mereka para sutradara. Karena aku nggak nonton semua deretan film itu. Hanya 3 Idiots yang pernah nonton hehe.. bagus ituu

    ReplyDelete
  12. Dari yang lu sebutin, Nolan dan Rajkumar yang pernah gue tonton filmnya. Yaps, mereka favorit memang~ Kalau boleh nambahin, David Fincher juga oke. :D

    Atau filmnya Gaspar Noe cobain deh, Rul. Tapi tunggu 18 (hmm atau 21?) tahun dulu. Wqwq. Eh, apa udah pernah nonton malahan?

    ReplyDelete
  13. memory of murder ceritanya memang bagus selain karena based on true story, sutradaranya emang oke sih eksekusinya. Gue cuma kenal nolan, gue mulai suka dia dari memento dan inception. Kalau untuk sutradara favorit gue, ada sih satu sutradara film thriller yang oke banget dari spanyol.. namanya... ada deh..

    ReplyDelete
  14. wah thanks men. kayakanya bakalan ke daftar film'' yg akan gue tonton nih. mumpung masih belum masuk kuliah. hahaha
    the hangover tau, karena yg main bradley cooper. gue kyaknya berbeda dengan elu. tiap film bagus menurut gue, gue akan nyari film lain dengan artis yang sama. ternyata harusnya nyari sutradaranya ya. shit. baru nyadar gue.
    gue pernah sekali nyuguhin temen gue film karya nollan, dia malah skip ganti film lain. gue kirain, selera film gue yg jelek, ternyata tmen gue aja yg seleranya ga bagus. lah sombong. hahah

    wah mantep nih, sutradara nya ga cuman dari barat aja. sip. skrg nyari kuota dulu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nebeng sini ya.

      Btw aku taunya cuma film 3 idiots sama hangover wkwkkww
      Mainku kurang jauh kalau beginian. Apalagi nama2 sutradara. Aku gak tau hiks

      Delete
    2. Nebeng sini ya.

      Btw aku taunya cuma film 3 idiots sama hangover wkwkkww
      Mainku kurang jauh kalau beginian. Apalagi nama2 sutradara. Aku gak tau hiks

      Delete
  15. Yang saya tau cuman nolan doang disini haha. Jadi malu sendiri bagi org suka nonton film tapi gak tau sutradara terkenal yang disebutin. tapi untung aja film yang diberitau di atas rata-rata udah nonton. jadi gak malu-maluin banget lah haha

    ReplyDelete
  16. Nolan yng menurutku terbaik, batman yanf disuguhksn benar benar real, ah andai saja DCEU ngasih kepercayaan ke nolan buat ngegarap seri batman terbaru, yang sutradara 3 idiots dan PK juga bagus sih,bntuk sindirannya ngena banget

    ReplyDelete
  17. Yaa ampun. Dari lima sutradara di atas gak ada satupun sutradara yg saya kenal. Jangankan sutradara film luar negeri, sutradara dalam negeri aja cuma sedikit yg saya tahu, jarang perhatikan nama sutradaranya di layar sih.

    Dari sekian film di atas, yang pernah saya nonton jg cuma film 3idiots dan PK hehe.

    Jd gk bisa banyak komen deh sayanya. Hehe.

    ReplyDelete
  18. Wah orang-orang jenius dibelakang layar. Mereka-mereka ini kadang selalu dilupakan, orang-orang hanya tahu pemeran utamanya saja, padahal justru sutradara lah pemeran utama dalam setiap film. Tapi banyak yang melupakan mereka termasuk saya. hahaha. Tidak banyak sutradara yang saya tahu, paling hanya mereka yang cukup terkenal seperti Steven Spielberg, Christopher Nolan, Joko Anwar kalo Indonesia. Udah itu doang... haha.. Mungkin saya hanya penikmat film biasa, bukan yang expert. :D

    ReplyDelete
  19. Aih akhirnya bisa tahu manusia yang berpengaruh dibalik film-film itu.
    ada sebagian film yang sudah ku tonton, dan semuanya bagus,
    jalan cerita dan pengambilan gambarnya juga oke.
    Tapi ada sebagian film yang belum aku tonton nih,
    Sekarang juga mau aku downlod ah, Awas aja kalo sampe jelek wakakak

    ReplyDelete
  20. Aku suka nonton film, bukan seorang yang mendalami dunia perfilman (setidaknya sejauh ini) dan bukan juga seorang kritikus film. Aku sejauh ini belum punya sutradara favorit, karena jujur aku hanya fokus dengan film. Aku suka nonton animasi, action, dan sci-fi. Gak peduli siapa yang ada di balik layar, kalau trailernya sepertinya seru, aku tonton.

    ReplyDelete
  21. Dari semuanya aku hanya pernah nonton film Jaws, si ikan hiu hehe

    Aku aja gak kepikiran untuk mengetahui secara detail siapa dibalik film yang bagus-bagus tersebut, yang aku tahu hanya nonton dan menikmati film yang disajikan, memang mereka (sutradara) yang sangat keren bisa membuat film yang isinya bisa membuat orang kagum.

    ReplyDelete
  22. gue bukan pengamat film sih, tapi gue suka karya Rajkumar Hirani, 3 idiots dan PK, itu keren banget sih

    ReplyDelete
  23. Walah jadi mereka toh orang - orang yang berpengaruuh besar dalam produksi film yang gue suka, emang ga bisa di raguin lagi, mereka udah punya nama besar dan keahlian di dibadannya.

    ReplyDelete
  24. yang gue tau christoper nolan doang. tap jadi pengen download film film yang lo sebutin di atas. butuh research nulis ginian.. lo niat banget rahul. keren dah emang.

    btw thanks atas tulisannya :D

    ReplyDelete
  25. Mungkin klo dipilih, yang gue suka itu Rajkumar Hirani. Dengan karya 3 idiots. Gue suka film ini dan berkali2 gue tonton gak pernah bosen. Serius deh. Dan ketika gue pengen cari motivasi, gue tonton film ini. Lebay sih, tapi ya gitu. :D

    ReplyDelete
  26. Kalau saya nonton film yang dilihat pertama itu pemainnya, habis itu sinopsisnya.. Lalau menurut saya menarik, saya tonton.. Ngak pernah namanya saya lihat sutradaranya.. Hahaha

    ReplyDelete
  27. Ternyata ada bnyak sutradara lain yg film nya bagus2 ya. Saya ga nonton hangover dan memento. Tapi PK, batman begin ,dll tau lah ya filmnya kyk apa. Dan mmg bagus2. Terurama PK itu unik dan mengena bgt scr emosi, percakapannya jg cerdas.

    ReplyDelete
  28. rekomandasi yang keren. ane juga suka sama ryan conolly meskpiun film karyanya gak segede sutradar sutradar diatas. Keren

    ReplyDelete

Ini kolom komen lho..