Posts

Showing posts from July, 2018

Lari dan Kenangan Masa Kecil

Berita tentang Zohri, pelari Indonesia yang juara dunia sudah viral dimana-mana. Banyak sekali topik yang menjadi sorotan, dan kadangkala mengecilkan beberapa pihak. Gue sendiri ngga mau terlalu pusing dengan masalah seperti itu. Gue hanya fokus dari pencapaian Zohri. Dan itulah yang gue lakukan beberapa waktu lalu.

Sebenarnya bukan untuk menyamai Zohri, bukan juga karena Zohri semata. Gue memutuskan lari dipagi hari karena sudah lama tak olahraga. Meski badan juga tidak bisa dikatakan naik, tapi lama tidak olahraga sepertinya adalah hal yang buruk. Apalagi sudah hampir dua bulan, dan hanya berdiam diri di rumah.

Pagi itu, dengan dibangunkan Mama, gue berangkat menuju lapangan dekat rumah. Membawa hape dan earphone yang  gue taruh dibagian kantong celana. Sampai dilapangan, tanpa membuang waktu, gue berjalan memutari lapangan yang berbentuk oval itu. Sembari berjalan, gue mulai menyetel lagu secara random. Lagu Bring Me To Life-nya Evanescence terputar.

Sebagai lagu pembuka, ini menja…

TOUR MAJOJA - Malang Yang Kalem

Image
Tidak berasa, gue sudah menghabiskan 4 hari berada di dua kota yang berbeda. Dalam perjalanan ini, gue lagi berasa tur konser. Pada pukul 7 malam, bus masih bergerak, sangat lamban terjebak macet. Gue sungguh bingung dengan pikiran gue dulu yang ingin sekali melihat macet. Sepengetahuan gue macet itu ngga setiap hari. Macet disini udah kayak kebiasaan, mungkin sehari aja ngga macet orang-orang pada demo.

Di kota gue, Kendari, sekali lagi gue bilang, itu adalah kota yang macetnya cuman ada jika hari-hari besar. Gue cukup sadar dengan kota gue yang memang belum semaju kota-kota besar. Namun ketika melihat tingkat kemacetan di kota-kota besar, gue kayak mau gila. Awal-awal masih menikmati, namun lama kelamaan jadi ngerasa aneh. Lebih cepat Gary kalo kayak gini.

Setelah terjebak macet sampai pukul 9 malam, kami akhirnya menepi di Solo untuk makan. Dari jadwal yang ada, kami memang ada daftar main ke Solo, walaupun cuma jadi persinggahan. Tempat yang kami singgahi pertama adalah rumah maka…

Merayakan Piala Dunia 2018

Image
Jumat, 13 Juli 2018, setelah sholat Jumat, kami sudah membuat rencana. Sekian lama kami ngga main PS, jadi ingin setelah adanya piala dunia, itu alasan gue sih. Yang lain ngga tahu, mungkin karena sudah lama juga ngga main. Jadi, gue, dan teman selorong, ceritanya akan pergi. Gue nyebutnya selorong, bukan karena banyak, tapi emang tinggalnya selorong.

Dengan seringnya kami berkumpul, biasanya gue menyebut ini rapat. Malam Minggu lalu, kami rapat disebuah bioskop untuk nonton semut dan serangga. Kami banyak ngobrol dan foto-foto, juga diakhiri dengan makan Sari Laut. Masing-masing memesan nasi telur dan nasi tempe.

Balik lagi dengan rencana main PS. Jadi, ceritanya, kita mau pergi serombongongan. Ada gue, Thariq, Ari, Riki, dan Onge. Begitulah kira-kira. Hanya, yang akhirnya pergi hanyalah gue, Riki, dan Onge. Dari pulang sholat Jum'at, kami saling berbalas pesan Whatsapp. Dan yang terjadi, kami berangkat pukul 2 siang dari rumah. Aku bersama Onge, naik motor X-Ride punya Bapak. Da…

Makan Bakso di Rusia

Image
Malam yang sudah hampir tidak pernah diguyur hujan masih meninggalkan dingin yang menyengat. Pori-pori kulit seakan mengkrut saat bertemu. Tidak ada yang benar-benar bisa kami lakukan selain melawan. Aku, Rendy a.k.a Onge, dan Ari, sepupuku, bersepakat tanpa duduk dimeja bundar untuk keluar makan bakso. Tempatnya lumayan dekat. Hanya beberapa langkah dari rumah.

Bakso ini sudah ada sejak gue SD, mungkin lebih dari itu. Tapi baru tinggal didekat rumah sejak gue SMA. Karena rasanya yang khas, bakso ini kadang-kadang bikin rindu. Kuahnya yang kaya akan rempah-rempah, terasa menang untuk malam itu. Tidak banyak yang bisa kami pesan. Dari Mie Instan yang sudah kami bawa dari rumah, kami mengeluarkan uang 10.000 perak untuk semakuk, dan sisa uang kalau ada untuk ketupat.

Disana ada Dinong, adik kelas gue di SMA, juga ada Sonang, orang dewasa yang kebetulan suka bercanda. Beruntung sekali kami bisa ngobrol banyak disana. Dinong ikut memesan, sementara Sonang sudah makan, dan masih menghabis…

Perlawanan Terhadap Hujan Dengan Segelas Susu

Image
Dari tanggal 22 Juni, hujan mulai mengguyur kota Kendari. Dari pagi hingga malam, hujan tak benar-benar berhenti. Orang-orang mulai membuat Snapgram tentang hujan, dan kebanyakan yang referensinya bagus, akan mengaitkannya dengan kumpulan puisi Hujan Bulan Juni-nya Sapardi Djoko Damono.

Tanggal 25 Juni, hari Senin yang dingin, gue bangun pagi-pagi sekali. Ali, teman gue yang tinggal sebelah rumah, sudah datang untuk menyuruh gue siap-siap. Gue bangkit, kemudian menyiapkan air hangat didapur. Disamping menyiapkan air panas, gue masak Mie Instan untuk sarapan.

Ali sudah datang ketika gue sudah siap. Ia berpakaian rapi lengkap dengan helm dikepalanya. Tante gue meminjam jas hujan di tetangga, rumah depan, yang itu juga gue berikan kepada Ali karena gue ngga mau bawa motor. Gue kedalam, lalu pinjam jaket Bapak. Kami berangkat dengan motor X-Ride rumah. Lewat jalan belakang, dengan hujan yang mulai membesar.

Awalnya, kami kerumah teman gue, Saddam, di Kota Lama. Tujuannya untuk ambil berka…

Empat Cerita Tentang Kehilangan

Dalam hidup, seseorang akan mengalami kehilangan. Entah dalam aspek apapun, kehilangan yang gue maksud bersifat universal. Dan kali ini, gue akan menceritakan empat cerita kehilangan yang baru saja gue alami sesingkat yang gue bisa.

Satu,

Setelah sempat membuat postingan perihal laptop kesayangan, gue akan melanjutkan cerita yang belum usai itu. Jadi, setelah gue menginstal laptop dan harus diformat seluruh disk, gue mencari cara untuk mengembalikkan memori gue yang hilang. Pulang dari tempat service, gue buka hape, kemudian browsing tentang recovery.

Hasilnya, gue dibuat cukup punya harapan. Gue menyalakan laptop, terus menginstal salah dua aplikasi recovery. Hardisk yang sedang gue selamatkan itu sudah dalam posisi tercolok diport usb laptop. Aplikasi berjalan sama seperti tutorial di YouTube. Ada perasaan was-was setelah hampir beberapa menit loading tidak berjalan sama sekali.

Karena capek menunggu dan besok gue harus sekolah, gue putuskan untuk tinggal tidur. Mungkin besok akan se…