8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Dalam beberapa hari kedepan, kita akan menyaksikan season terakhir dari serial Dark. Serial jerman yang tayang di Netflix ini menerima banyak pujian dan sejak awal kemunculannya, Dark dibanding-bandingkan dengan serial Stranger Things. Bedanya, kota Winden punya cerita yang cukup kompleks dibanding kota Hawkins.

Makanya tak heran jika para penikmat serial ini memiliki kubu yang beragam. Secara teknis, penonton serial Dark terbagi menjadi dua kubu: penonton general dan penonton geek.

Penonton general adalah kubu yang hanya menikmati sajian serial ini. Tidak berusaha untuk mencari segala kemungkinan dengan teori-teori yang ada. Kebalikan dari penonton general, penonton geek  cenderung lebih fanatik. Saking fanatiknya, kadang-kadang kubu yang ini merasa paling tahu segalanya ketimbang Baran bo Odar.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Pemain dan Sutradara serial Dark

Pada kali ini, saya akan merekap teori-teori yang sudah ada dan hangat diperbincangkan. Ada beberapa yang saya dapat dari artikel dan utas Twitter. Sebelum bahas teori, ada satu artikel lain dari Inverse yang membahas tentang bocoran episod untuk season 3 serial Dark. 8 diantaranya adalah "Deja-vu," "The Survivors," "Adam and Eve," "The Origin," "Life and Death," "Light and Darkness," "In Between," dan "Paradise".

Masih belum dikonfirmasi pasti kebenarannya, tapi terlihat cukup masuk akal dan mungkin jika dibandingkan dengan judul season 1 dan 2. Sekarang bahas teori.

Adam adalah Michael dan Eve adalah Martha

Pada season 2, kita tahu bahwa Adam adalah Jonas. Itu saat adegan Adam menunjukkan bekas luka dilehernya. Memang, kita sangat bertanya-tanya dengan sosok Adam ini. Apalagi, penampakan wajah yang hangus terbakar sangat mampu membuka segala kemungkinan.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Mikkel - Adam - Michael

Belakangan, di Twitter ramai membahas bahwa Michael Kahnwald atau Mikkel Nielsen adalah Adam. Teori ini didukung oleh argumen bahwa bukan hanya Jonas yang memiliki luka dileher. Tapi juga Michael Kahnwald yang melakukan gantung diri dipastikan memiliki luka yang sama. Argumen pendukung lain adalah mimik raut wajah Michael, Mikkel, dan Adam memiliki satu kesamaan: terlihat sedih. Juga, Mikkel yang terbosesi dengan Harry Houdini, ilusionis asal Hungaria yang dimana ini berkaitan dengan pemalsuan kematian yang akan dilakukan Michael (kalau benar terjadi).

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Namun teori lain mengatakan bahwa teori ini tidaklah kuat, (kalau) Eve adalah Martha alt maka yang cocok untuk bersama Eve adalah Adam sebagai Jonas, bukan Michael.

Setelah tahu bahwa Adam adalah Jonas, kemudian kita bertanya-tanya tentang sosok Eve. Banyak yang menduga, Eve adalah Martha alt tua.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Martha alternatif

Jika Jonas hadir sebagai peran utama dalam serial ini, bukan tidak mungkin setelah hadirnya Martha alt kita jadi berpikir bahwa Eve adalah Martha (yang kemungkinan menjadi peran utama di alternatifnya) . Yang dimana, kisah asmara Jonas dan Martha memang sudah diperlihatkan dari season 1.

Orangtua Noah dan Agnes

Setelah tahu bahwa Noah dan Agnes adalah saudara, kita kemudian melihat Noah muda dipersilahkan untuk membunuh seorang laki-laki yang diprediksi adalah Bartosz tua. Dari percakapan Noah muda dan pria tersebut, kita duga bahwa itu adalah ayahnya.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Bartosz tua? - Noah muda

Pertanyaannya, siapakah ayah Noah muda?

Banyak spekulasi tapi semua mengarah pada satu kemungkinan: Bartosz adalah Ayah Noah.

Ingat, semua terhubung. Ini masuk akal mengingat Noah tua yang memperkenalkan mesin waktu kepada Bartosz muda dan ia tahu yang menyebabkan semua berantakan adalah ulah Adam, maka dari itu Bartosz meninggalkan Magnus dan Franziska yang bersama Adam/Jonas.

Adam vs Claudia 

Setelah disinggung akan adanya perang waktu, kita bertanya-tanya siapakah tokoh yang akan terlibat. Ada banyak spekulasi. Mulai dari Jonas, Martha, atau seluruh warga Winden mungkin. Tapi ini sempat disinggung pada season 2, ada dua kubu yang terlibat dalam perjalanan waktu dan kepelikan masalah kota Winden ini. Yaitu kubu Adam dan Claudia.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Claudia berkata bahwa Adam ada dipihak kegelapan dan ia ada dipihak yang terang (baik). Saat Jonas datang untuk menghentikan ayahnya yang akan bunuh diri, Claudia datang dan mengatakan bahwa ia telah ditipu oleh Adam.

Adam mau semua berjalan sebagaimana mestinya. Jika Jonas adalah Adam, dan Claudia tua datang untuk menjelaskan ini kepada Jonas, bukan tidak mungkin ada sesuatu yang disembunyikan Claudia tua.

Asal Usul Boris Niewald

Sejak awal kemunculannya, Aleksander Köhler memang cukup misterius. Tanpa latar belakang yang jelas dan menjadi salah satu dari empat keturunan keluarga Winden. Setelah menikah dengan Regina Tiedemann, Aleksander Köhler akhirnya memakai nama belakang istrinya menjadi Aleksander Tiedemann. 

33 tahun kemudian, Inspektur Clausen mengungkit masa lalu Aleksander, yang ternyata berhubungan dengan saudaranya yang hilang. Banyak yang berspekulasi, saudara Clausen yang hilang adalah Peter Doppler, anak dari Helge Doppler dan seorang wanita yang masih menjadi misteri.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Aleksander Köhler asli - Peter Doppler

Episod 9 season 1, kita tahu nama asli Aleksander Köhler adalah Boris Niewald. Pada season 2 episod 7, kita melihat Hannah pergi ke masa lalu dan bertemu Egon muda. Pertemuan Hannah yang mengganti identitasnya menjadi Katharina Nielsen dan Egon Tiedemann menuai banyak teori. 

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark
Hannah - Aleksander a.k.a Boris Niewald

Teori paling masuk akal adalah Egon memiliki hubungan dengan Hannah. Kemudian mempunyai seorang anak laki-laki yang kita tahu bernama Boris Niewald. Egon mungkin tidak menerima anak tersebut karena telah memiliki keluarga. Hannah kemudian memakai nama Niewald yang dimana adalah akronim dari Nielsen dan Kahnwald. Diambil dari nama samarannnya sebagai Katharina Nielsen dan nama aslinya sebagai Hannah Kahnwald. 

Alternatif Cermin

Kalau diperhatikan, opening serial Dark adalah potongan adegan yang diedit mirroring atau cermin. Ini juga diperkuat dengan hadirnya alternatif semesta yang cukup berbeda dari karakter yang ada. Penampilan Martha misalnya, kita bisa melihat perubahan yang signifikan dari penampilan pada universe utama dan alternatifnya.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Yang menjadi perbincangan hangat adalah bagaimana jika semua karakter alternatif muncul dan bernasib sama. Misalnya, Elisabeth yang tadinya namun pada alternatif lain Franziska yang bisu, atau mata kiri Woller yang rusak akhirnya normal. Beberapa foto yang bocor sangat mengejutkan dan banyak menuai respon.


8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Dalam foto tersebut, kita melihat Katharina sedang mengandung bayi. Jika dilihat lebih seksama, potongan poni dalam foto tersebut cukup mirip dengan Katharina alternatif. Menarik untuk tahu, apakah ini masih sejalan dengan universe utama atau tidak. Maksudnya, siapakah anak yang sedang dikandung Katharina?

Tiga Sosok Misterius

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Sejak rilisnya trailer Dark season 3, makin membuat rasa penasaran penonton diuji. Salah satunya adalah tiga sosok karakter baru yang diasumsikan adalah orang yang sama. Banyak yang berspekulasi, karakter tersebut adalah Adam sebelum wajahnya melepuh terkena api.

Pada teori yang lain, tiga sosok misterius tersebut diasumsikan adalah suami dari Agnes.

Cerita Urban Wanita Tenggelam

Pada season 2, saat adegan Bartosz, Magnus, Martha, dan Jonas berada di danau, Bartosz bercerita tentang adanya mitos perempuan yang tenggelam di danau. Sekilas tidak begitu penting dan berkaitan dengan cerita. Tapi pada adegan berikutnya, ketika Martha kesal dan naik menemani Jonas yang tak ikut berenang, mereka menemukan sebuah kalung.

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Pada foto yang diupload kreator serial Dark, Baran bo Odar, memperlihatkan hannah memakai kalung tersebut. Kalung yang sama dengan yang ditemukan Jonas dan Martha. 

Semuanya Terhubung

8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Kita tahu, tagline yang dibangun dari awal kemunculan serial ini adalah "everything is connected". Kita sudah melihat berbagai karakter yang ternyata saling berhubungan. Yang telah terkonfirmasi adalah Mikkel adalah ayah Jonas, Adam adalah Jonas, dan Charlote adalah ayah Noah.

Kalau benar begitu, ini juga menjawab pertanyaan kenapa anak-anak di Winden diculik. Kemungkinan karena anak-anak tersebut merusakan relasi koneksi hubungan itu dan menghubungkan peristiwa sebagaimana mestinya.


Lagi-lagi, ini semua hanyalah teori. Dan rangkuman teori ini saya kumpulkan dari berbagai macam sumber. Mulai dari Twitter, Quora, dan artikel-artikel di Internet.  Jika ada mis-informasi, kemungkinan karena sayanya juga yang kurang teliti dan manusia. Ada banyak teori lain yang bisa kalian baca dan tonton. Misalnya utas @opinitengahmalam dan @sariebut. Dari sana, replyan teori juga banyak dan menarik.

Karena ini hanya teori, dibawa santai saja. Yang tahu semua ini hanya Baran bo Odar, mungkin pemain dan krunya. Sebagai penikmat, ada berbagai macam cara untuk mengekspresikannya. Dengan teori, misalnya. Tapi jangan sampai, teori yang kita yakini menjadikan kita lebih berhak menghakimi orang lain. Its just fun. Semuanya duniawi. Kalau sampai kota Winden dihapus juga tidak akan berpengaruh dengan kehidupan sosial kita.

Eh, kalo kalian punya teori lain bisa sharing dikolom komentar. Selamat menunggu siklus terakhir di kota Winden. Sic Mundus Creatus Est.

Post a Comment

8 Comments

  1. Saya sih gak punya teori apa-apa. Saya cuma jadi penonton biasa yang menunggu mau dibawa ke mana cerita serial ini selanjutnya. Dari yang saya tonton, saya melihat Claudia sebagai sosok antagonis yang sifatnya serakah (teori ini menjadikan Jonas protagonis, tapi kan semua karena ulahnya dia ya). Jadi masih jadi misteri sebenarnya siapa protagonis dan antagonis di dalam serial ini.

    Lalu, saya melihat ada dua film yang jadi referensi utama Dark, yaitu Predestination (2014) dan Parallels (2015). Referensi dari Parallels ini menurut saya baru ada di episode terakhir season 2, dan di scene paling akhir. Jadi tulisan di atas yang menanyakan apakah foto-foto itu berasal dari universe yang sama atau alternatif, menurut saya itu masih di universe dan garis waktu yang sama. Kalau season 3 mulai masuk ke teori paralel, ini harusnya jadi makin rumit karena kemungkinan dunia paralel itu secara teori adalah tak terhingga (infinity). Jadi secara teori, kamu gak bisa datang ke dunia paralel yang kamu mau berdasarkan hitungan matematika, karena dunia paralel yang baru terus tercipta setiap detiknya. Kecuali ada semacam database, tapi kan dunia paralel bukan data yang bisa diinput ke dalam database semudah itu. Intinya teori paralel lebih rumit dari kelihatannya dan kalau Baran bo Odar berpikir sekompleks pemikiran saya, season 3 harusnya memakan 274746384847464 episode. Hahaha.

    Jangan dipikirkan terlalu serius komenan yang panjang banget ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa Dark punya lebih banyak kesamaan dengan sinetron BBC Dirk Gently Holistic Detective Agency sama anime Steins;Gate. Keduanya tentang penggunaan perangkat untuk mengirim pesan (Steins;Gate) atau orang (Dirk Gently) ke masa lalu atau masa depan.

      Pas liat si Martha (alternatif) muncul padahal Martha (asli) udah mati dan si Jonas pindah ke Winden post-apocalyptic (saya langsung mikir kalau ini Winden alternatif), saya langsung keinget Steins;Gate. Kalau pake konsep dunia paralel/alternatif sebenernya sangat bisa. Emang hasilnya bakal banyak dunia tercipta sampai jadi tak terhingga. Nah, kalau pake logika waktu di Steins;Gate, dunia paralel itu kayak tali tambang, serat-serat di dalamnya itu kemungkinan2 yg bisa terjadi (kalau kita ngubek2 waktu), tapi hasilnya tetep sama juga ujungnya bakal begitu. Ada hukum lainnya: kalau beberapa kejadian besar/kematian ga bisa diubah, kayak Perang Dunia dsb. Kalau di Steins;Gate, waktu dunia atau tali tambangnya itu cuma dua: alpha dan beta. Jadi dia milih, di alpha temennya mati tapi ga bakal ada Perang Dunia III, sementara di beta sebaliknya. Saya ngerasa Dark mungkin bakal ke arah2 gini.

      Hihi emang ga ada abisnya kalau ngebacotin teori.

      Delete
    2. Iya, pas Martha muncul di scene akhir itu memang udah mulai masuk ke dunia alternatif/paralel sih. Saya juga jadi langsung kepikiran film Parallels. Haha.

      Wah, saya belum nonton yang kamu sebutkan itu. Mungkin mirip-mirip juga kali ya teorinya. Dan yang pasti Dark ini udah paradoks sejak episode awal, makanya saya gak mau mengikuti terlalu dalam dan memilih jadi penikmat saja. Soalnya kalau sudah paradoks seperti itu, saya menganggap kalau teorinya itu gak akan bisa diaplikasikan. Karena jadinya kan muter di situ-situ aja.

      Eh ternyata Dirk Gently's Holistic Detective Agency ada di Netflix ya. Saya mau nonton ah. Haha.

      Delete
    3. @N Firmansyah: sejak Helge bilang kalo Claudia itu Iblis Putih, saya mulai curiga kalo Claudia punya kepentingan lain yang ngebuat dia jadi antagonis. Belum tau apa motifnya karena Claudia 1986 juga baru tau masalah di kita Winden ini.

      @Arif: ada satu foto yang pernah saya liat menunjukkan dua foto keluarga Kahnwald dalam ekspresi yang berbeda. Saya agak ragu kalo Winden alternatif diperlihatkan sebelum Martha alt hadir

      Delete
  2. Sejujurnya, saya tipe penikmat juga. Malas berteori. Namun, karena kebiasaan menulis atau bikin cerita ini otomatis membuat saya bertanya-tanya, bagaimana kalau begini-begitu. Konsep Adam dan Eva, misalnya juga pernah saya pikirkan. Mungkin di dunia paralel, kisahnya bermula dari dua sejoli itu. Kalau ternyata Adam si Michael mah aneh ya. Karena biasanya konsep yang dipakai memang sang protagonis alias Jonas melawan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teori dipatahkan teori memang hal yang lumrah. Intinya mah senang-senang aja. Saya juga senang-senang aja dengan semua teori, mukai dari yang logis sampai konspirasi. Teori yang cukup lucu adalah Adam ternyata Gretchen, anjing Claudia yang hilang 😅

      Delete
  3. Astagaaa, gawat juga nih saya baca ini, saya sebenarnya pecinta nonton banget, salah satu hobi saya, selain menulis dan membaca.
    Tapi memang saya itu kepo, mudah baper kalau nonton film selain kalau nonton serial gini selalu sulit berhenti nonton sebelum semua serialnya saya tonton :D

    Makanya sekarang saya hobi nonton film yang dari kisah nyata, abis nonton biasanya saya browsing, cari berita kisah aslinya.

    Meskipun akhirnya saya tahu, kebanyakan film memang dibuat nggak mirip dengan kisah aslinya, tapi setidaknya kalau nonton film dari kisah nyata, bisa saya bahas tanpa semacam konspirasi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, series ini memang perlu ditonton dulu Mba. Tapi mesti bawa contekan biar ngga bingung. Meski bukan based on trus story, tapi beberapa kejadian cukup relevan dan berkaitan dengan kejadian nyata

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Sila berkomentar terkait tulisan ini.