zsnr95ICNj2jnPcreqY9KBInEVewSAnK0XjnluSi

∞ Membahas Siklus Terakhir Serial Dark: Teori yang Akurat dan Teori yang Patah ∞

Sudah seminggu sejak rilisnya serial Dark season terakhir, ombak pembahasan masih saja ada. Setelah membahas teori populer serial ini, saya melihat dan mencocokkan dengan teori yang saya rangkum kemarin. Menariknya, saya rasa ini perlu dibahas: antara teori yang akurat, yang patah, dan tidak sepenuhnya akurat atau patah.

Saya harap yang membaca sudah menonton serial Dark season terakhir, agar konteks dari pembahasan lebih mudah untuk dipahami. Karena saya tidak akan bahas secara ilmiah, tapi lebih ke impresi dan pendapat saya tentang siklus terakhir serial ini.

Membahas Siklus Terakhir Serial Dark: Teori yang Akurat dan Teori yang Patah
Kru dan Pemain serial Dark Season 3


SPOILER ALERT!!!

Ada banyak teori yang beredar di Internet, mulai dari yang logis sampai yang berbau konspirasi. Saya membaca hampir semua teori yang ada. Karena memang, jika hanya modal menonton saja saya masih menimbun banyak pertanyaan. Saya mencoba mencari apa yang saya lewatkan selama menonton. 

Baca juga: 8 Teori Populer Siklus Terakhir Serial Dark

Prediksi judul episod yang kemarin, ternyata sangat akurat. Dari 8 episod yang ada, saya paling senang dengan episod 7. Meski banyak me-reveal kejadian, tapi tidak serta merta membuat transisinya menjadi aneh. Pada episod 7 kita bisa melihat kejadian yang terjadi bukan lagi dari lompatan 33 tahun, tapi dari kejadian yang akan menjawab pertanyaan kita selama ini. Bisa dibilang, episod 7 ini yang akan memuaskan kita dari pertanyaan yang selama ini belum terungkap.

Adam adalah Michael dan Eve adalah Martha

Teori ini tidak sepenuhnya patah. Bisa dibilang hanya sebagian, sebab Eve adalah Martha memang terbuktk meski teori Adam yang sempat dicurigai tidaklah akurat. Teori kemarin mungkin adalah bentuk dari rasa curiga terhadap beberapa clue yang beredar. Tapi tidak apa, pembahasan ini cukup menarik kemarin.

Dalam siklus terakhir, kita diperlihatkan perjalanan Jonas menjadi Adam. Ternyata, sebelum apokalips, Jonas, Magnus, Franziska dan Bartosz terdampar ke era dimana mesin waktu belum ditemukan. Disanalah awal mula ketika Adam disambar petir dari mesin waktu yang ia buat. Meski hanya pada lengan saja. 

Membahas Siklus Terakhir Serial Dark: Teori yang Akurat dan Teori yang Patah
sumber: IG Baran bo Odar

Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah kenapa Jonas membunuh Hannah, ibunya sendiri. Pendapat saya mungkin karena Jonas kesal dengan sikap Ibunya. Mementingkan diri sendiri. Merasa tidak punya apa-apa lagi dan menetap di era 53 yang dimana ia berselingkuh dengan Egon Tiedemann. 

Orangtua Noah dan Agnes

Teori yang cukup populer ini ternyata sangat akurat. Meski dalam teori itu, tidak saya sebutkan siapa istri dari Bartosz Tiedemann. Setelah menonton serial terakhir, kita akhirnya tau ternyata Ibu dari Noah dan Agnes adalah Silja. Cukup mengagetkan. Artinya, kakek dari Noah dan Agnes adalah Hannah dan Egon. 

foto 1: kelahiran Noah / foto 2: kelahiran Agnes

Adam vs Claudia

Lagi-lagi, teori no. 3 ini tidak sepenuhnya patah. Ternyata, yang terlibat dalam perang waktu secara langsung adalah Adam dan Eve. Adam ingin menghancurkan semesta, Eve ingin mempertahankan semesta. Sementara itu, Claudia ingin menyelematkan Regina. Ia melihat dari dua semesta, ternyata Regina tetap mati.

Claudia dan Claudia semesta Eve

Yang dilakukan Claudia adalah membunuh dirinya pada semesta Martha/Eve, dan menjadi orang yang berbeda untuk membuat Adam dan Eve percaya bahwa Claudia masih berpihak pada mereka. Intinya, misi Claudia adalah mencari semesta dimana Regina hidup. Dan ternyata, ada semesta ketiga dimana semuanya bermula. Disanalah misi Claudia.

what the fck moment

Asal Usul Boris Niewald

Teori ini patah. 

Meski begitu, kita masih bertanya-tanya dengan asal-usul Boris Niewald atau Aleksander Tiedemann. Dalam semesta Martha, kita melihat Hannah sedang mengandung anak Ulrich. Meski pada akhir season, terlihat ia tampak mengalami keguguran. Teori ini tidak begitu kuat, sebab dari mana akronim Niewald akan diambil sementara Hannah tidak memakai nama Kahnwald saat itu.

Boris Niewald semesta Eve

Dalam website resmi Dark, memang tidak dijelaskan asal-usul Boris Niewald. Atau jika mau gampang, kita bisa menganggap peran Boris Niewald tidak begitu berkaitan dengan perang waktu ini.

Untuk Peter Doppler adalah saudara Clausen yang hilang juga belum benar-benar dijelaskan. Bahkan seingat saya, sudah tidak lagi disinggung. Memang, Dark masih membuka ruang untuk diskusi pasca siklus ini berakhir.

Awal mula Charlotte dan Peter bertemu

Alternatif Cermin

Bisa saya katakan, teori ini cukup akurat. Saya menulis bahwa semesta Martha (alternatif) akan diperlihatkan karakter yang mirroring atau bertolak belakang dengan karakter di semesta pertama. Ternyata benar. Katharina memakai kacamata dan bercerai dengan Ulrich di semesta Martha. Sementara karakter lain seperti Franziska yang bisu, Elisabeth yang bisa bicara, Magnus yang pergaulan bebas, sampai Woller yang ternyata kehilangan lengan kirinya.

Torben Woller semesta Eve

Bocoran foto Katharina hamil ternyata salah. Mungkin itu hanyalah lucu-lucuan saja disela-sela syuting. Di semesta Martha, pada saat mereka ke gua Mikkel tidak ikut dan ternyata ini membuat Jonas tidak pernah lahir di semesta ini. Makanya, adegan ini cukup wow karena mendukung dialog Claudia,"aku pernah ada di semesta yang tidak ada kau (Jonas)"

Tiga Sosok Misterius

Meski tidak memiliki nama, kita akhirnya tau bahwa ini adalah anak dari Jonas dan Martha semesta Eve/Martha. Awalnya, kita disuguhkan fakta bahwa tiga sosok ini adalah asal mulanya. Sampai akhirnya, kita tahu bahwa asal mulanya ada di semesta ketiga atau semesta original dimana ini berawal dari HG Tanhaus ingin mengembalikkan anak dan menantunya yang mati akibat kecelakaan. Dalam Back to the Future, cara ini dilakukan untuk mengubah masa depan.

anak dari Jonas dan Martha

Tapi yang agak membingungkan adalah kenapa tiga sosok misterius ini membunuh orang-orang, termasuk Bernd Doppler.

Cerita Urban Wanita Tenggelam

Meski tidak begitu akurat, tapi dalam musim terakhir ini ternyata dijelaskan bahwa Katharina yang pergi ke masa lalu bertemu Ulrich tua. Karena ingin menyelamatkan Ulrich, ia mengancam penjaga RSJ yang menyimpan kunci yang dimana itu adalah Ibunya sendiri.

Helene vs Katharina

Perkelahian membawa Katharina pada ajal. Ia mati setelah dihantam batu oleh Ibunya sendiri dan cerita wanita tenggelam yang saya sebut Hannah ternyata adalah Katharina. Cukup mengerikan juga, saat anak bercerita tentang mitos dimana itu adalah Ibunya sendiri.

Semuanya Terhubung

Meski argumen anak diculik tidak begitu kuat dan tidak dijelaskan secara eksplisit, kita harus setuju bahwa nyatanya semua karakter di kota Winden berkoneksi bahkan dengan semesta kedua (semesta Martha/Eve). Banyak sekali hubungan dari karakter pada season terakhir ini.

Ulrich / Ulrich semesta Eve

Pada adegan terakhir di meja makan, kita hanya melihat beberapa karakter saja karena itulah semesta origin dimana siklus tidak pernah terjadi. HG Tanhaus tidak kehilangan anak dan menantunya, Regina hidup tanpa kanker, dan semua berjalan semestinya tanpa siklus, Martha, dan Jonas.


Mengikuti serial Dark memang cukup melelahkan. Tapi percayalah, serial ini cukup worth it untuk diikuti. Beberapa orang yang tidak berniat menonton mungkin akan gumoh mendengar argumen tentang serial ini. Tapi tentu saja saya cukup bodo amat dengan itu.

Selagi saya masih senang membahas ini, saya akan tetap membahas. Setelah GoT kemarin yang cukup meh, kita akhirnya mendapat satu serial yang dari awal sampai ke penutup tidak mengecewakan. Misteri yang masih ditutup rapat atau tidak diceritakan, mungkin adalah cara Baran bo Odar untuk menjaga agar kita tidak benar-benar melupakan serial ini. Membuka banyak ruang diskusi bahkan saat serial ini sudah berakhir.

Argumen saya tentang kota Winden yang dihapus atau tidak pernah benar-benar ada ternyata salah. Meski begitu, saya cukup senang mendengar jawaban Katharina tentang apa keinginan jika sampai hari ini kiamat: "Dunia tanpa Winden.".
Related Posts

Related Posts

10 comments

  1. Saya belum tahu serial ini sih, nonton di mana mas?
    Kalau lihat ceritanya tentang mesin waktu dan semesta yang berbeda saya jadi inget anime hello world yang punya kisah hampir mirip. Kembali ke masa lalu , ke dunia yang berbeda untuk menyelamatkan kekasihnya. Tema-tema kayak gini biasanya emang menarik untuk ditonton.

    ReplyDelete
  2. Serial ini tayangnya di tv berbayarkah ?.
    Kok aku baru tau ada serial ini ya.
    Sepertinya tehnik penggarapannya bagus.

    ReplyDelete
  3. Ini sungguh serial yang kudu penuh pemahaman mendalam ya, khas anak-anak lelaki sukanya nonton ginian :D

    Saya kadang kudu nonton langsung untuk bisa memahaminya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nontonnya harus pake contekan saking ruwetnya

      Delete
  4. Ketiga sosok misterius itu sepertinya ditugaskan untuk membunuh karakter-karakter yang berpotensi mematahkan timeline yang sudah disusun oleh Claudia sih. Kan sampai akhir semuanya enggak tau rencana Claudia seperti apa, dan pembunuhan terhenti setelah Claudia menceritakan rencana dan faktanya kepada Jonas, eh Adam, eh itulah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mikirnya gitu, karena ternyata Noah juga punya kepentingan personal

      Delete
  5. Baru selesai nonton nih. Masih mumet, hahaa

    ReplyDelete
  6. Bisa sombong ternyata teori semesta alternatif saya bener, meski ternyata pake konsep yg lebih sederhana: alternatif kebalikan/cermin.

    Misteri yang masih ditutup mungkin juga cara tim produksi biar bisa bikin semacam lanjutannya haha. Dan sampai sekarang masih sebel sama ending GoT.

    ReplyDelete
Terimakasih sudah membaca. Sila berkomentar terkait tulisan ini.