zsnr95ICNj2jnPcreqY9KBInEVewSAnK0XjnluSi

Serial Favorit Tahun 2020

Dua tulisan saya sebelumnya, merupakan rekapan dari tontonan serial saya tahun 2020. Ngga nyangka juga bisa nonton serial sebanyak itu tahun ini. Meski tak dapat diayal, saya hanya menonton beberapa film saja tahun ini. Mungkin jika ditotal-total, masih kalah dengan jumlah judul serial. 

Serial Favorit Tahun 2020

Tidak hanya jumlah, tapi variasinya cukup beragam. Mulai dari Anime, Serial Netflix, Serial Lawas, Drakor, Serial Indonesia dan Sinetron. Makanya, saya kaget juga bisa nonton puluhan judul dari variasi tontonan yang sangat beragam. Oleh karena itu, saya ingin membuat satu tulisan lain untuk memilih lima serial favorit saya sepanjang tahun 2020 ini.

1.  Itaewon Class

Jika dibandingkan dengan Start Up, dengan penuh pertimbangan saya masih akan tetap pilih Itaewon Class. Banyak sekali pertimbangannya, tapi satu yang benar-benar sangat menentukan akan memilih yang mana: keseruan. Saat menonton keduanya, saya memang cukup jarang mengecek durasi. Keseruan yang tampilkan Start Up, agak berbeda dengan keseruan yang ditonjolkan Itaewon Class.

Kalau Start Up lebih ke pembuktian diri, sedangkan Itaewon Class sangat kental akan balas dendam. Makanya, intensitas dramanya sangat kuat dengan karakter yang susah untuk dilupakan. Keduanya sama-sama pernah membuat saya nonton lebih dari satu episod, tapi seingat saya, Itaewon Class lah rekornya. Tidak tahu kenapa, cerita balas dendam sangat seru untuk diikuti. 

Serial Favorit Tahun 2020

Sisi positifnya, keduanya tetap punya tempat dan porsi masing-masing dimata saya. Tapi jika ingin memasukkan kedalam serial favorit, saya tetap memilih Itaewon Class yang opening theme-nya lebih saya sukai ketimbang Start Up. Tapi kalo mau ditanding-tandingkan, kayaknya soundtrack Start Up lebih banyak yang hype ketimbang Itaewon Class. Tidak tahu juga yah.

Mungkin ini hanya bias saya saja, tapi tontonan masak-masak sangat saya gemari dari kecil. Mama saya pernah bilang, tontonan saya selain kartun dan Si Bolang itu masak-masak dan kuliner. Paling kalau tidak ke Farah Quinn saya akan ke Benu Buloe. Makanya, ini kayaknya faktor yang bikin saya lebih senang Itaewon Class ketimbang Start Up.

2. Preman Pensiun

Dari banyaknya serial dari Indonesia, saya tetap senang dengan Preman Pensiun. Apalagi 2-3 musim pertamanya. Seperti nonton film gangster, tapi settingnya di Bandung. Padahal, ada banyak serial baru yang rilis tahun 2020 ini. Ada Saiyo Sakato, Tunnel, Filkop The Series, Serigala Terakhir The Series. Semuanya keren.

Paling fresh adalah Saiyo Sakato. Ia dari cerita origin dan bisa buat saya langsung pengen makan masakan Padang. Padahal, kalau mau dilihat dari alasan pilihan pertama, seharusnya saya lebih pilih Saiyo Sakato. Ia lebih foody ketimbang Preman Pensiun yang cuma nampilin Kang Mus makan telur ceplok dan Kang Komar minum kopi pake kue balok.

Tapi mau diapa, Preman Pensiun punya dunia yang lebih seru untuk saya. Masa-masa awal Pandemi, Preman Pensiun yang menemani hari-hari saya. Makanya, meski cukup terlambat, saya tidak akan menghianati hal tersebut. Hal yang bikin saya ketawa ketika Kang Komar yang perawakan gangster itu, hormat dan takut sama istrinya. 

Sebenar-benarnya, saya juga mau terimakasih untuk filmnya karena sudah memperkenalkan dengan baik semesta Kang Mus dengan cukup baik. Kalau saya sudah malas lihat filmnya, kemungkinan untuk nonton sinetronnya akan lebih kecil. Tapi hal pertama yang bikin saya kagum adalah ceritanya yang simpel dan membumi. Aduh, saya mesti nonton Preman Pensiun 4 segera. Ketinggalan, euy.

3. La Casa de Papel

Entah kenapa, saya sangat senang nonton film Spanyol. La Casa de Papel ataui Money Heist ini, kayaknya jadi serial Spanyol pertama yang saya tonton. Cukup terlambat juga, tapi masa-masa Ramadhan 2020 ini, banyak diisi dengan nonton Money Heist. Biasanya sebelum sahur, saya akan kerja tugas, kemudian setelahnya, saya akan nonton 1-3 episod sebelum tidur.

Meski terkesan terlalu dramatis, Money Heist cukup seru untuk diikuti. Ada berbagai teori yang mengatakan tentang ketidakmasukakalan yang ada di Money Heist. Salah satunya saat Tokyo menggunakan senapan hanya disatu tangan sambil berlari. Saya tidak melihat itu sebagai hal yang ganjal, tapi kalau dinilai dari keilmuan memang demikian, saya tidak terlalu ambil pusing. 

Money Heist punya cukup cliffhanger yang ditiap episod untuk bikin saya nagih pengen nonton lagi dan lagi. Saya pikir setiap serial mesti punya itu. Apalagi drama Korea, yang tayang dua kali setiap minggu. Episod genapnya mesti punya cliffhanger hook yang kuat untuk membuat penonton menunggu dua episod baru minggu depannya.

Ngomong-ngomong soal drama Korea, kabarnya Money Heist akan diadaptasi oleh Korea. Nama-nama yang dirumorkan bermain cukup asing ditelinga saya. Tidak sabar menunggu adaptasi Korea. Apakah ia punya daya tarik tersendiri, mengingat sinema Korea dan Spanyol punya ciri yang dominan.

4.  Dark, S3

Kalau ada serial yang cukup sering saya bahas diblog ini, itu adalah serial Dark. Saya sampai merangkum teori-teori populer di internet untuk dibahas. Mungkin bagi yang baru mengikuti, akan kebingungan dengan banyak hal. Ini pemeran utamanya siapa, ini ceritanya tentang apa. Saya tidak terlalu fasih men-sarikan, tapi Dark ceritanya bermula dari hilangnya seorang anak di kota Winden, Jerman.

Dari situ, ceritanya mulai lebih kompleks dan bercabang. Saya senang dengan pengenalan dan pengembangan karakternya. Ceritanya mungkin akan terkesan biasa saja kalau tidak ada misteri yang terjadi di kota tersebut. Tapi tontonlah, ditangan Baran bo Odar, Dark jadi sajian yang cukup bikin mikir. Untuk memahami setiap karakter saja, saya butuh bantuan pohon karakter yang dibikin orang di internet.

Tapi tenang saja, Dark tidak serumit itu. Apalagi jika kita sudah berhasil melewati musim pertama, itu akan jauh lebih menyenangkan setelahnya. Mungkin karena pembagian karakternya yang cukup banyak, dari segi emosional, Dark kurang bisa masuk ke saya. Saya hanya menikmati penyajian cerita dan mengikuti setiap misteri yang ada.

Senangnya, karena ada banyak easter egg yang coba diselipkan dan diplanting dari musim pertama. Jadi bagi yang nonton, daya ingatnya mesti kuat karena Dark punya cukup banyak easter egg yang mau dibawa ke musim terakhirnya.

5. After Life

Ada cukup banyak serial komedi yang saya tonton tahun ini. Tapi, serial komedi yang cukup memorable untuk saya tahun ini adalah After Life dari Ricky Gervais. Tontonlah. Bagaimana menjelaskan ceritanya yah? Bayangkan, suami yang baru saja ditinggal mati istrinya berusaha untuk bunuh diri tapi selalu gagal menemukan alasan. 

Serial Favorit Tahun 2020

After Life adalah komedi yang cukup kelam dan depresif. Ia bisa begitu lucu, bisa juga begitu dalam dan suram. Saya senang dengan beberapa dialog dari After Life, salah satunya adalah adegan saat Toni (Ricky Gervais) berjalan dan dihadang oleh sekelompok sukarelawan. Sukarelawan tersebut agak memaksa, sehingga Toni mesti kembali berkoar,

"Saya kira dengan mengatakan sibuk, sudah cukup. Kau bukan sukarelawan dan semua orang tau kau dibayar. Berhenti menanamkan rasa bersalah kepada orang lain."

Sambil berjalan, Toni menghampiri pengemis buta di sebelahnya dan memanggil sukarelawan tersebut agar melihatnya. Toni memberi uang dan mengacungkan jari tengah. Adegan yang bisa bikin saya ngakak, tapi juga disisi yang lain bisa bikin saya berpikir bahwa penggerutu macam Toni di dunia ini punya sisi yang ajaib dan menarik. 

Itu cuma satu dari sekian banyak adegan dan dialog yang saya suka. Kalau sedang mencari serial yang durasinya pendek, mungkin After Life akan cocok untukmu. Ricky Gervais punya banyak gagasan menarik pada serial ini.



Itu adalah lima serial favorit yang saya tonton sepanjang tahun 2020. Mungkin tidak sevariatif Barack Obama, tapi bisa jadi rekomendasi tontonan untukmu. Sangat sulit untuk memilih dari 30-an serial yang saya tonton tahun ini untuk menjadi favorit saya. Semua bagus-bagus dan tidak mungkin memilih semuanya. Ohya, honorable mention untuk lima serial ini:

Saiyo Sakato

Tunnel (Indonesia)

Defending Jacob

Save Me

Sex Education S2

Seru juga tontonan tahun ini. Banyak sekali serial yang saya explore. Mudah-mudahan tahun depan, bisa lebih banyak dan beragam. Tidak lupa juga agar seimbang dengan bacaan tahun depan. Dari judul yang saya sebut diatas, mana yang sudah teman-teman tonton. Atau setidaknya pernah dengar dan mulai tertarik menonton. Ohya, saya pengen tau juga serial favorit teman-teman tahun ini. Cerita dikolom komen yak.

Related Posts

19 comments

  1. Kayaknya satu pun belom aku tonton deh yang disebutin Rahul. Bahkan Money Heist dan Dark itu masih nangkring aja di wishlist tapi belom sampe ke tonton juga. Tahun ini aku malah sedikit sekali nonton serial ataupun drama. Udah diniatin waktu masih iklan atau teaser eh pas tayang malah ga nonton. Termasuk Tunnel versi Indonesia, aku suka banget yang drama Koreanya dan pas tau itu diadaptasi pengen tonton juga eh baru episode 1 gak lanjut lagi πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa mulai coba dari Money Heist kak Tika. Saya rasa, serial itu akan cocok untuk semua orang yang lagi pengen cari hiburan 😁

      Delete
  2. Rahul, tontonanmu benar-benar bervariatif sekali. Saluuut πŸ‘πŸ»
    Dari semua judul yang Rahul sebutkan, aku hanya sekedar tahu aja, ada yang pernah aku tonton 1x, ada yang belum pernah sama sekali. 1 serial yang Rahul sebutkan dan berhasil aku tamatkan adalah SexEdu πŸ˜‚
    Tahun ini aku cukup jarang menonton baik serial maupun film, sebab interestnya sedang mengarah ke hal yang lain hahaha.
    Oiya, dari beberapa serial yang aku tonton di tahun ini, yang paling aku ingat dan berkesan adalah drakor It's Okay, To be Not Okay. Selain jalan ceritanya yang menarik karena mengangkat isu mental illness, pemain-pemainnya juga jago sekali skill aktingnya dan pemeran utama perempuannya cantik banget 🀭 betah deh nontonnya karena lihat doi. Iya, ini perempuan yang sama dengan yang main Save Me, versi lebih mature dan stylish hahahaha.

    Semoga di tahun 2021 tontonan Rahul bisa lebih banyak dan beragam, ya! Happy new year, Rahul πŸ₯³

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sex Education memang keren. Teorinya juga cukup menarik. Tidak sabar menunggu season terbarunya.

      Iya, saya tau kak Lia sedang banyak baca buku tahun ini. Makanya, ngga heran kalo bisa nyampe 72 buku πŸ˜…

      Saya malah belum nonton itu. Mungkin akan mulai pertengahan tahun depan mengingat ada banyak prioritas judul yang benar-benar menanti 😁 Iya, itu memang perempuan yang sama. Saya ngga tau namanya, tapi doi cantik di Save Me.

      Aamiin. Doa yang sama untuk kak Lia

      Delete
  3. Bener kata Lia tontonannya Rahul beragam sekali yaa. Kayaknya aku tertarik dengan After life, selalu tertarik dengan cerita yang kelam tapi ada komedinya, ini Rahul nontonnya dimana? Streaming kah?

    Hmm untuk tahun ini sepertinya aku menobatkan Kdrama, Sky castle sebagai tontonan favorit selama tahun 2020, ceritanya benar-benar melekat, mengaduk emosi πŸ˜†

    Ah iya aku juga ingin menonton tunnel versi indonesia, belom nonton versi koreanya sih tapi penasaran sama yg versi indony hehe thankyou ya Rahul buat sharingnya, menarik banget nih tontonan2 Rahul dalam setahun ini πŸ‘πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditonton kak Reka. Untuk teman tidur After Life seru sekali. Jadi bahan kontemplasi saya juga tuh 😁

      Saya sempat mau nonton itu. Tapi belum kesampaian. Padahal, hype seriesnya saat itu lumayan bikin saya goyah πŸ˜…

      Bisa ditonton terpisah. Keduanya keren. Kalau mau maraton juga tidak masalah. Dua-duanya punya cara penyelesaian yang agak berbeda

      Delete
  4. Halo Rahul... Rahul aja yah saya manggilnya soalnya kayanya kita seumuran.. wkwkwk
    Sebenarnya udah pengen mampir sini dari jauh-jauh hari. wkwkw tapi ini baru sempat.. hehe sebelumnya salam kenal Mas Rahul..

    Wahh, saya juga ngikutin serialnya Dark di netflix.. Udah dari semenjak nyelesaiin serial Umbrella Academy sama Demon Slayer... Bagus banget sih emnk jalan ceritanya. Ittaewon class juga .. hahaha Ini lagi pengen ikutan nnton start up tapi kok belum nemu waktu yang pas.. hahaha Soalnya lagi nyelesaiin serial pokemon dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Bayu. Saya tidak tahu umur mas Bayu, tapi kalau mau dinilai begitu saya juga tidak masalah

      Dark memang seru. Buat pecinta misteri, memang jadi rekomendasi tontonan. Kalo suka Itaewon Class, mungkin akan suka dengan Start Up. Keduanya punya cerita yang agak mirip

      Delete
  5. dari 5 favoritnya Rahul, aku sudah nonton Money Heist. Bener banget, pas nonton ini, rasanya tuh ga sabar untuk nonton episode selanjutnya. Aku ngebut nonton dari season 1 hingga season akhirnya dan masih menanti season selanjutnya hahahaa

    Kalau itawon class sendiri aku pernah dengar dan circle-ku pun membicarakan drakor ini, tapi belum sampai membuatku untuk menontonnya, malah aku nonton drakor lain macam Tale of the nine tail karena aktor prianya aku suka 🀣🀣🀣 Nonton ini pun karena habis nonton Stranger from Hell yang juga diperankan oleh Lee Dong Wok.

    Serial sex education juga aku sudah menontonnya hingga season 2. Cukup seru juga mengikuti cerita pria remaja menjalani masa pubertasnya hahaha Selain bisa memberikan pendidikan seks juga sih #ops

    Kalau ditanya 5 series favorit tahun ini, aku jatuhkan pilihan pada You, Money Heist, How to get Away with Murder (gemas banget nonton ending serial ini!!!), Mr Hiiragi's homeroom, dan terakhir Miman Keisatsu: Midnight Runner.
    Semua series ini selalu bikin aku ketagihan. Tapi sengaja ditonton bergilir tiap harinya biar bisa merasakan keseruan semuah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak Frisca. Saya juga lagi nunggu season 5-nya. Mudah-mudahan tahun ini sudah rilis.

      Saya malah kebalikannya. Sudah nonton Itaewon Class, tapi cuma pernah dengar drakor Tale of the Nine Tail.

      Untuk Sex Education, itu salah satu tontonan menarik. Banyak membahas pubertas dan seksualitas.

      Tontonan kak Frisca keren-keren. Cuma nonton Money Heist. Artinya, daftar tontonan kak Frisca mesti jadi pertimbangan tontonan 2021 saya 😁

      Delete
    2. Iya semoga saja bisa rilis ya..Mengingat sedang wabah corona beginiii...Ngeri juga kan main film saat corona...

      iyaa sesuai judulnya, sex education 🀣🀣🀣

      hahahah makasih loh pujiannya ^^ mungkin karena tontonanku itu ya tontonan suami juga yang picky buat nonton! Jadi biasanya yang masuk top watchlistku itu pasti tontonan yang dapat approval dari suami 🀣 which is cowo-cowo pada sukak jugaaa

      Delete
    3. Rencananya tetap akan rilis 2021. Waktunya saja yang belum jelas. Saya rasa, industri sekarang mulai bergeser dari film menuju serial, dari bioskop menuju platform streaming. Mungkin saat pandemj benar-benar kelar, baru produksinya akan kembali, atau paling tidak akan mulai fokus lagi ke film.

      Owalah, ternyata alasannya itu πŸ˜†

      Delete
    4. Waaah tahun ini berarti yaak! Semoga beneran rilis taun ini deh...penasaran nih karena endingnya gantuung!!! wkwkkw

      Delete
  6. Dari daftar di atas, saya hanya menonton Itaewon Class kayaknya yang sampai tamat πŸ˜‚ Dark dan Money Heist nggak tamat hahahaha. Itaewon Class memang seru siiih, mana tayangnya pas awal-awal Corona, jadi tepat banget lagi butuh hiburan πŸ™ˆ

    Kalau serial favorit saya tahun ini salah satunya Crash Landing on You yang Korea Utara itu hehehehe, terus ada beberapa lainnya termasuk Start Up πŸ˜† Memang start up drama hebohnya nggak begitu kental kalau di-compare sama Itaewon Class. Nggak ada balas dendam yang too extra. Jadi semacam kehidupan nyata yang dialami banyak anak muda yang baru mulai masuk ke dunia kerja 😁 Wk *soktehe banget saya*

    Eniho, happy new year, mas Rahuuul πŸ₯³πŸŽ‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya, benar sekali. Saya ingat betul, pas nonton ini sudah tidak ongoing lagi. Makanya ada kebebasan untuk maraton πŸ˜… Kalo boleh tau, Dark sama Money Heist kenapa tidak dilanjutkan kak Eno?

      Saya sebenarnya mau memasukkan CLOY. Saya suka CLOY, apalagi dia datang dengan idenya yang cukup fresh. Tapi dia cuma lolos ke-10 besar. Jadi, tidak masuk ke daftar ini.

      Saya menyukai Start Up begitupun juga dengan Itaewon Class. Lebih lengkapnya akan saya bahas pada pos berbeda 😁

      Delete
  7. Wuaa beragaam yaa Mas, dr Barat, Kdrama sampe Indonesia. Kereen!!
    Aku blm nonton satu pun, serial yg pernh aku tonton itu cm berkisar di serial komedi baran jaman dulu kaya Friends, Two and half men, yg agak baru paling Nine-nine n Game of Thrones.
    Paling penasaran sama After Life. Selain lucu, kayaknya banyak pesan kehidupannya yaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tahun kemarin mau explore lebih beragam. Tapi kayaknya fokus ke tiga besar itu dulu. Tahun ini mau explore Jepang dan negara lain. Tapi Indonesia kayaknya akan banyak serial tahun ini. Jadi tidak sabar untuk menunggu.

      Friends itu tontonan saya sebelum tidur. Meski ngga tamat, tapi rindu juga. Referensi saya mungkin ngga banyak bikin saya ngerti dan ketawa, tapi saya menikmati chemistry enam sahabat itu πŸ˜†

      Kalo memang lagi nyari tontonan serupa, After Life akan sangat cocok kak Thessa. Salah satu favorit saya tahun 2020

      Delete
  8. Halo, kak. Salam kenal ya. Aku pun suka dengan drama Korea Itaewon Class dan sinetron Preman Pensiun. Kalau aku nonton drama Korea Itaewon Class karena ceritanya menarik dan dibintangi oleh Park Seo-Joon.

    ReplyDelete
  9. list disini belum aku tonton sama sekali. itaewon class yang happening waktu itu, sampe sekarang masih sebatas di wish list, list kebanyakan tapi waktunya ga sempet :D
    cerita soal balas dendam aku juga suka hehehe, seru seru gimana gitu, mungkin karena aku suka cerita yang model action action juga mungkin.

    ReplyDelete
Terimakasih sudah membaca. Sila berkomentar terkait tulisan ini.