zsnr95ICNj2jnPcreqY9KBInEVewSAnK0XjnluSi

Teori Kesinambungan Karakter Jack dalam Film Titanic

Sebagian besar kita pasti pernah nonton film Titanic. Paling tidak tahu dan pernah dengar judulnya. Untuk yang sudah nonton, pasti tau betapa tragisnya kisah cinta Rose dan Jack dalam film Titanic. Namun, banyak teori tentang film ini.

Ada yang berkata bahwa Jack sebenarnya bisa hidup dan papan yang dipake Rose sebenarnya bisa muat untuk dua orang. Ada juga yang mengatakan bahwa Jack adalah penumpang misterius yang menjelajah waktu dengan tujuan menenggelamkan kapal Titanic. 

Saya bahas ini sedikit.

Bayangkan jika Jack membiarkan Rose pada saat itu lompat. Sebagai orang yang lahir dikeluarga kaya, bukan tidak mungkin awak kapal akan mencari Rose. Saat tahu Rose hilang dan melompat, kapal pasti akan memutar, setidaknya menurunkan sekoci dan menunggu. Nah, sembari berhenti atau memutar, karena menurut penelitian bongkahan es tidak akan stagnan dan pasti bergeser, kapal Titanic tidak mesti menabrak bongkahan es dan tenggelam. 

Namun karena Jack adalah penjelajah waktu, ia menolong Rose dari keputusasaannya dengan tujuan memastikan kapal Titanic tenggelam. Karena jika selamat, kapal Titanic akan terus beroperasi hingga tahun 1914 atau 1915 kapal tersebut akan diledakkan oleh torpedo kapal selam Angkatan Laut Jerman.

Hal itu akan membunuh lebih banyak orang. Jika melihat pada sejarah, kapal yang bernama RSM Lusitania yang tenggelam karena diledakkan Angkatan Laut Jerman tahun 1915 pada rute yang sama yang dilalui oleh kapal Titanic. Tentu saja itu teori dan hal yang lain. Kali ini, saya mau ngebahas bagaimana kesinambungan karakter Jack dalam Film Titanic. 

Teori Kesinambungan Karakter Jack dalam Film Titanic
Ini adalah teori yang saya buat ngasal setelah selesai nonton film Ghost Ship. Mungkin terkesan cocoklogi saja. Jadi, menurut saya, Jack dalam film Titanic adalah Jack yang sama dalam film Ghost Ship dan Pirates of the Caribbean. Maksudnya bagaimana? Biar saya jelaskan rentang waktu dari film ke film.

Titanic

Pada film ini, kita tahu Jack adalah orang kelas bawah yang berhasil Titanic. Bahkan pada saat temannya berkata,"kau gila Jack, kau mempertaruhkan semua milik kita", Jack menjawab tegas,"saat tak punya apapun kau takkan kehilangan apapun". Itu planting yang sangat baik bahwa dengan mengorbankan dirinya difilm ini, Jack sebenarnya tidak kehilangan apapun. Kecuali Rose, perempuan yang membuatnya jatuh hati. Dari teori ngasal, saya berpikir jangan-jangan Jack sebenarnya tidak mati. Ia terapung dan ditemukan oleh sekelompok perompak kapal. Kemudian diambil dan ditolong. Karena tidak punya apapun dan menyangka Rose juga tidak selamat, Jack menjadi gila dan agak sinting. Disinilah kita melihat Jack Sparrow.

Pirates of the Caribbean

Karena Jack sudah menjadi gila dan agak sinting, kita bisa melihat bagaimana perawakan Jack dalam film Pirates of the Caribbean yang urakan. Ia peminum berat dan cenderung gonta-ganti perempuan. Ia menjalani hari dengan tidak mengingat masa lalunya, sehingga ia seperti menjadi orang yang baru. Jack Sparrow kan punya kapal kesayangan, Black Pearl. Karena itulah pas dia meninggal dunia, yang ia ingat hanyalah menjaga kapalnya. Namun karena memorinya bercampur dengan kenangan masa-masa Titanic, ia seakan punya kedekatan emosional juga dengan kapal Titanic.

Ghost Ship

Buat yang sudah nonton Ghost Ship, pasti tau bagaimana endingnya yang ngehe itu. Tokoh Jack dalam film itu sebenarnya adalah hantu dari insiden di suatu kapal. Bukan tidak mungkin, Jack dalam film ini adalah orang yang sama. Pada saat kematian Jack dalam film Pirates of the Caribbean, Jack terjebak di dunia menjadi arwah penasaran. Karena itulah, ia membunuh orang-orang yang mempunyai niat mengambil harta dan kapalnya. Sampai pada saat akhir film, yang kita kira Jack sudah mati dibunuh, ternyata masih hidup dan eksis untuk menjaga kapalnya tersebut. Kapal yang disebut-sebut sebagai kapal hantu karena terasingkan di sebuah tempat karena suatu insiden tragis yang terjadi pada kapal tersebut.


Itulah kira-kira teori bagaimana Jack bisa eksis  selama ini, bukan hanya berakhir pada film Titanic. Saya tidak tau apakah pembuat film Ghost Ship dengan sengaja banyak mengambil elemen dalam film Titanic sehingga semacam ada keterkaitan semesta di sana. Mulai dari kapal, nama tokoh, sampai misteri yang sangat bisa di-cocoklogi-kan.

Sebagai penonton, tujuan utama saya adalah menikmati. Membahas atau tidak itu urusan yang lain. Sebenarnya saya tidak terlalu ingin membahas hal ini jika tidak menonton film Ghost Ship. Tapi karena film itu, saya jadi punya banyak dorongan untuk membuat teori ekstrem dan ngawur ini. Seperti orang mabuk yang sedang bicara.

Related Posts

4 comments

  1. Hahaha lucu juga kak Rahul kalau di sambung-sambungkan. Jadi Jack yang awalnya cowok banget jadi agak lenje dan mirink ya di Pirates

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau acuannya dari teori ngawur saya, yah seperti itu lah kira-kira. Ha ha ha

      Delete
  2. Ada satu film lagi, Captain Jack (1999). Jack yg ini pelaut juga, kelakuannya nyeleneh kayak Jack Sparrow.

    ReplyDelete
  3. ghost ship ini lupa udah nonton atau belum, soalnya jalan ceritanya aja aku lupa hahaha
    atau mungkin udah nonton, tapi nggak terlalu "membekas" kayak titanic dan caribbean

    ReplyDelete
Terimakasih sudah membaca. Sila berkomentar terkait tulisan ini.